Ujian Akhir Semester Mahasiswa Berbentuk Expo – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Ujian Akhir Semester Mahasiswa Berbentuk Expo

UAS EXPO. Quisera (tengah) dan Almas (kanan) menjelaskan produk olahan kertas koran koran kepada Dekan School of Entreprenurship and Humanites UC Trianggono Wiradinata.

ANGGUN ANGKAWIJAYA/RADAR SURABAYA

SURABAYA, TIMEX-Ada pemandangan unik terlihat di lantai 1 Plaza Universitas Ciputra, Senin (4/12). Dengan berjas almamater, para mahasiswa menawarkan proyek problem solving tentang permasalahan lingkungan hidup.

Kegiatan ini merupakan rangkaian ujian akhir semester. Mahasiswa ditugaskan membuat karya lantas dipamerkan.

Ujian akhir semester yang dilakukan ini merupakan cara unik dari pihak kampus. Sebab, ujian yang umumnya dilakukan dengan menjalani ujian tertulis di kelas.

Ketua panitia BNS Expo Yenny Rosita menjelaskan, kegiatan ini merupakan expo yang kelima. Biasanya digelar pada semester satu atau dua, dan temanya akan berbeda setiap tahunnya.

Kali ini mengambil tema tentang begaimana mengatasai permasalahan lingkungan hidup.

Ada 520 mahasiswa semester satu yang mengikuti mata kuliah umum ini. Mereka yang terbagi dalam beberapa kelompok ini membuat proyek akhir untuk mendapatkan nilai ujian akhir semester.

“Dua kelompok terbaik bisa mengikuti ajang ini,” kata Yenny.

Diungkapkan Yenny, ada 24 produk yang dipamerkan, seperti Candlenut Bathbomb, produk perawatan kulit dari kemiri yang berguna untuk menghaluskan kulit. Fandal, sandal jepit biasa dengan hiasan kain perca.

Berdetas (Bergerak dengan Kertas), aneka handy craft dari bubur koran. Esthetic Trash of Clock (ETC), jam dinding dengan hiasan dari aneka kertas daur ulang/ limbah kertas. Cangkang Telur, mengolah limbah cangkang telur sebagai pupuk organik.

Salah satu peserta pameran, Quisera, 18, dan Almas, 18, mengaku senang bisa mengikuti expo ini. Mereka menunjukkan karyanya yaitu Berdetas (Bergerak dengan Kertas), mereka membuat aneka handy craft dari bahan kertas koran bekas.

“Dari buku dan internet saya mengetahui jika kertas koran bekas bisa dibuat bermacam handy craft. Saya jadi penasaran ingin mencobanya,” ungkap Quisera. (ang/nur/jpg/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!