Jaksa Lidik Tukar Guling Lahan Nansean Timur – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Jaksa Lidik Tukar Guling Lahan Nansean Timur

Luas Area Tukar Guling Tidak Sampai 650 Ha

KEFAMENANU, TIMEX – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) TTU mulai membidik tukar guling lahan antara Pemerintah Kabupaten TTU dan Kementerian Kehutanan RI. Pasalnya, dokumen kesepakatan sudah ada, tapi setelah tim melakukan perhitungan luas, tidak berimbang sehingga perlu ditelusuri proses tukar gulingnya.

Kepala Kejari TTU, Taufik melalui Kasi Intel, Kundrat Mantolas saat dikonfirmasi, Jumat (8/12) menuturkan, saat ini pihaknya sedang mendalami dugaan penyimpangan kasus tukar guling lahan setelah dilaporkan masyarakat. Terkait proses tukar guling lahan Pemerintah TTU di Desa Nansean Timur Kecamatan Insana Barat dengan kawasan hutan produksi milik Kementerian Kehutanan di sepanjang KM 8 dan KM 9 arah Kupang.

“Kita tindak lanjut sesuai laporan masyarakat. Apakah ada indikasi kerugian atau tidak,” ungkapnya.
Menurut Kundrat, sesuai kesepakatan bersama tukar guling lahan antara Pemerintah TTU dan Kementerian Kehutanan RI, luasnya 650 hektare yang dibuktikan melalui penetapan surat keputusan. Tapi luas areal kawasannya tidak sama, sebab lahan milik Pemerintah TTU setelah dilakukan pengukuran luasnya hanya 170 hektare.

“Tidak berimbang karena di dokumen luasnya 650 hektare, tapi di lokasi Nansean Timur milik Pemerintah TTU luasnya 170 hektare. Sehingga kita masih telusuri. Dokumen kita sudah lihat,” ungkapnya.

Dikatakan, sejumlah saksi sudah dipanggil untuk didengar keterangannya seperti mantan kepala Dinas Kehutanan, nantinya menjadwalkan untuk memanggil saksi lainnya.

Pihaknya masih telusuri kumpulkan bukti apabila sudah cukup bukti tentunya dinaikan statusnya ke penyidikan.
“Kita masih dalami ada bukti surat pengajuan pemda, ada dokumen SK penetapan dari kementerian. Tentunya cukup bukti kita naikkan statusnya,” jelasnya.

Sementara mantan Kepala Dinas Kehutanan TTU, Martinus Toleu saat dikonfirmasi usai keluar dari ruang Pidsus menuturkan, dirinya hanya menunjuk dokumen yang diminta jaksa. Terkait dengan mekanisme transaksi tukar guling dirinya enggan berkomentar lebih jauh.
“Saya sampaikan keterangan dan data yang ditanya jaksa. Semua dokumen ada saya tidak tahu kurangnya di mana,” ungkapnya. (mg24/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!