24 Poktan Desa Kadi Wone Dikukuhkan – Timor Express

Timor Express

SUROSA

24 Poktan Desa Kadi Wone Dikukuhkan

KUKUHKAN. Kepala Desa Kadi Wone, Lede Seingo saat mengukuhkan kelompok tani disaksikan Bupati SBD, Markus Dairo Talu, Selasa (12/12)

FEKY BOELAN/TIMEX

TAMBOLAKA, TIMEX – ‎Sebanyak 24 kelompok tani (Poktan) pemula di Desa Kadi Wone Kecamatan Wewewa Timur dikukuhkan, Selasa (12/12).

Pengukuhan dilakukan Kepala Desa Kadi Wone, Lede Seingo dihadiri Bupati SBD, Markus Dairo Talu, Kadis Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Herman Gono Ate dan Camat Wewewa Timur serta ratusan anggota kelompok tani Kadi Wone.‎

Dalam laporannya, Kepala Desa Kadi Wone, Lede Seingo mengatakan, di Desa Kadi Wone sebenarnya terdapat 32 kelompok tani, namun sudah ada delapan kelompok tani yang dikukuhkan. Sementara, sisanya sebanyak 24 baru dikukuhkan.

“Dari 32 kelompok tani ini‎ tersebar di seluruh dusun dengan jumlah anggota sebanyak 448 orang,” ujarnya. ‎
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, hortikultura dan Perkebunan SBD, Herman Gono Ate mengatakan, pengukuhan kelompok tani tandanya bahwa sah dan legal untuk menerima bantuan apa pun dari pemerintah.

“Kenapa harus ada poktan dan gapoktan karena lembaga yang diakui adalah ini. Tidak ada lagi bantuan diberikan untuk suku dan atau sendiri-sendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, pengukuhan terjadi karena masyarakat petani di SBD sudah mulai sadar dan memahami untuk satu pikir dan satu tekad maju bersama mencapai kebersamaan.

Sementara, Bupati SBD, Markus Dairo Talu dalam arahannya meminta kepada kelompok tani yang baru dikukuhkan untuk segera menyiapkan dan mengusulkan proposal ke dinas teknis agar bisa mendapat bantuan alsintan.

“Bagi yang nantinya tidak dapat hand tractor bisa nanti usulkan proposal untuk mendapat alsintan lain seperti mesin pipil jagung dan lainnya,” ungkapnya.

Kesempatan itu juga bupati berjanji akan segera mengirimkan satu unit hand tractor untuk Desa Kadi Wone. “Silakan nanti kepala desa atur hand tractor itu, mau kasih ke kelompok mana musyawarah dulu bersama,” pintanya. (r1/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!