Zumi Zola Bakal Tersangka? – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Zumi Zola Bakal Tersangka?

YAKIN TAK TERLIBAT. Zumi Zola di KPK. Gubernur Jambi Zumi Zola tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan kasus korupsi RAPBD di KPK, Jakarta, Jumat (5/1)

FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Delapan Jam Diperiksa KPK

JAKARTA, TIMEX-Delapan jam diperiksa, Gubernur Jambi Zumi Zola akhirnya keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pukul 18.15 WIB Jumat (5/1). Dalam pernyataannya kepada wartawan, dirinya sudah menjalankan tugas sebagai saksi. Kabar yang tersebar di KPK, besar peluang mantan artis tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

“Pertanyaan penyidik saya jawab semua,” kata Zumi kepada wartawan saat keluar dari gedung lembaga antirasuah tersebut, Jumat (5/1).
Meski begitu, Zumi enggan menjelaskan detail terkait apa saja yang ditanyakan penyidik terhadap dirinya. Zumi mengaku sudah menjawab semua pertanyaan penyidik dan mengklarifikasinya dugaan keterlibatannya dalam kasus tersebut. Dia juga memastikan dirinya sudah melakukan kebijakan sesuai aturan.

“Saya sebagai atasan juga sudah memberikan perintah agar menjalankan sesuai prosedur yang berlaku,” imbuhnya.

Gubernur yang pernah berprofesi sebagai aktor ini, diperiksa sebagai saksi kasus suap pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan Daerah (R-APBD) Jambi yang menyeret Asisten Daerah Bidang III Pemprov Jambi, Saifudin menjadi tersangka.

Pemeriksaan para pejabat Jambi ini berawal dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim KPK pada 28 November 2017 di Jambi dan Jakarta. Pada OTT tersebut, empat orang ditetapkan sebagai tersangka yakni pelaksana tugas (plt) Sekretaris Daerah Jambi Erwan, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan, Asissten Daerah Bidang III Jambi Saifudin, dan Anggota DPRD Jambi dari fraksi PAN Supriyono.

Selain sang Gubernur, KPK juga memeriksa Ketua DPRD Jambi Cornelius Buston, Jumat (5/1). Keluar terlebih dahulu, Cornelius juga enggan berkomentar terkait pemeriksaannya.

Ada juga dari pihak swasta, Ali Tonang dan Wakil Ketua DPRD Jambi Zoerman Manap, diperiksa KPK. Keduanya diperiksa untuk tersangka Asisten Daerah Bidang III Jambi Saifudin.

Kabar yang tersiar di lingkungan KPK setelah Zumi diperiksa menyebutkan, besar peluang Zumi bakal ditetapkan sebagai tersangka. Zumi disebut-sebut terlibat dalam soal kebijakan, yang membuat pejabat Pemprov Jambi nekat menggelontorkan uang Rp6 Miliar untuk menyogok anggota DPRD Jambi, agar ketuk palu pengesahan RAPBD menjadi APBD.

“Uang Rp 6 Miliar tidak kecil. Dari mana uang sebesar itu diperoleh pejabat Pemprov, kalau tidak ada lampu hijau dari Gubernurnya,” kata sumber INDOPOS (Grup Timex) di KPK.

Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers kemarin menjelaskan, pihaknya terus mendalami keterlibatan Zumi Zola. “Belum bisa saya jelaskan terlibat atau tidak. Kami masih terus mendalaminya,” tegas Agus.

Zumi juga menegaskan, ia memang pernah memberi instruksi kepada Sekda Erwan dalam soal pembahasan RAPBD ini. Namun perintah itu untuk menegaskan agar jajarannya menjalankan semua aturan.

“Perintah saya, jalankan sesuai prosedur. Itu saja,” tegas Zumi lagi. (nyc/jpg/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!