Bobol PIN ATM, Pasangan Kekasih Diringkus Polisi – Timor Express

Timor Express

KRIMINAL

Bobol PIN ATM, Pasangan Kekasih Diringkus Polisi

Yance Kadiaman

Korban Damaris Kehilangan Uang Rp 20 Juta

KUPANG, TIMEX– Pasangan kekasih masing-masing Gidion Lodiay, 30, dan Julen Doke, 28, harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, pasangan kekasih ini nekad bersekongkol menggelapkan uang milik Damaris senilai Rp 20 juta. Ini setelah Julen Doke yang selama ini bekerja pada salah satu perusahaan multi level marketing (MLM) menawarkan produk pada korban yang juga warga Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang dan berhasil mendapatkan tanggal lahir korban melalui dokumen kependudukan.

Setelah mendapatkan dokumen kependudukan korban, pelaku Julen Doke juga berhasil mencuri dompet korban yang di dalamnya ada kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Akibat perbuatan pasangan kekasih ini, maka korban Damaris harus kehilangan uang tunai senilai Rp 20 juta. Dengan modal kartu ATM, Julen Doke lalu memanfaatkan tanggal lahir korban untuk melakukan transfer uang dari rekening korban ke rekening kekasih pelaku Julen Doke yakni Gidion Lodiay. Selanjutnya, uang senilai Rp 20 juta yang sudah ditransfer itu kemudian diambil menggunakan buku tabungan untuk berfoya-foya.

Merasa kehilangan dompet beserta sejumlah dokumen termasuk kartu ATM, korban lalu pergi ke bank untuk memblokir kartu ATM tersebut. Tapi, korban kaget karena uang senilai Rp 20 juta sudah ditransfer ke rekening seseorang yang ttidak diketahui korban. Setelah dilacak pihak bank, ternyata rekening pengiriman uang senilai Rp 20 juta itu adalah rekening milik kekasih pelaku Julen Doke yakni Gidion Lodiay.

Atas kejadian itu maka korban lalu melapor ke Mapolres Kupang Kota. Aparat Polres Kupang Kota yang mendapat laporan dari korban lalu bergerak cepat dan berhasil mengamankan pasangan kekasih itu pada Sabtu (6/1) lalu dan saat ini sementara ditahan di sel tahanan Mapolres Kupang Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Anthon C. Nugroho melalui Kanit Pidum, Ipda Yance Kadiaman kepada Timor Express membenarkan adanya kejadian pembobolan PIN ATM milik korban Damaris oleh pasangan kekasih, Gidion Lodiay dan Lodia Juke. Dirinya mengkronologiskan, Lodia Juke merupakan warga asal Kabupaten Sumba Timur dan kekasihnya adalah Gidion Lodiay adalah warga Ambon, Maluku. “Pasangan kekasih yang kita amankan itu selama ini bekerja pada salah satu perusahaan yang bergerak pada promosi produk suplemen kesehatan. Julen Doke, membobol PIN ATM milik korban Damaris pada Minggu (31/12) lalu di salah satu mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di bilangan Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang sekira pukul 19.00 Wita,” kata Yance.

PIN ATM milik korban, lanjut Kanit Pidum Satreskrim Polres Kupang Kota, diperoleh pelaku Julen Doke dari korban berdasarkan dokumen kependudukan saat mengajak korban untuk menjadi anggota pada perusahaan dimana pelaku bekerja. Selanjutnya, pelaku Julen Doke lalu pergi lagi ke rumah korban dan sempat mencuri dompet milik korban yang di dalamnya ada kartu ATM. “Pelaku melacak PIN ATM milik korban berdasarkan tanggal lahir korban yang tercantum dalam dokumen kependudukan ketika pelaku meminta data kependudukan korban untuk menjadi anggota pada perusahaan dimana pelaku bekerja,” ujar Kanit Pidum.

Setelah berhasil mentransfer uang senilai Rp 20 juta milik korban ke rekening milik kekasih pelaku. Pasalnya, pelaku sempat meminta nomor rekening kekasihnya, Gidion Lodiay untuk mengambil uang senilai Rp 20 juta dengan alasan uang tersebut baru dikirim oleh seorang temannya yang ada di Makassar. “Kekasih Julen Doke yakni Gidion Lodiay sama sekali tidak tahu tindak kejahatan yang dilakukannya Julen Doke. Tapi, sebelumnya pelaku Julen Doke sempat meminta nomor rekening Gidion Lodiay untuk melakukan penarikan uang. Uang tersebut diakui pelaku Julen Doke bahwa baru diperoleh dari seorang temannya yang ada di Makassar,” tegas Yance.

Yance mengaku, usai menciduk pasangan kekasih itu, pihaknya langsung menggelandang mereka ke Mapolres Kupang Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Pasangan kekasih yang sudah kita tangkap itu saat ini sementara ditahan di sel tahanan Mapolres Kupang Kota. Saat ini kita masih terus melakukan penyelidikan untuk mencari tahu motif di balik tindak pidana yang sudah dilakukan Lodia Doke dan kekasihnya Gidion Lodiay,” pungkas Kanit Pidum Satreskrim Polres Kupang Kota. (gat)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!