Paket Harmoni dan Komitmen Daftar ke KPU – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Paket Harmoni dan Komitmen Daftar ke KPU

(ft. kiri) DAFTAR. Paket Harmoni, Hendrik Paut dan Aljeri Monas saat daftar di KPU Kabupaten Kupang, Senin (8/1)
SERAHKAN DOKUMEN. Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Louk menyerahkan berkas kepada paket Komitmen, Korinus Masneno dan Jerry Manafe, Senin (8/1)

ORANIS HERMAN/TIMEX

OELAMASI, TIMEX – Dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di pilkada Kabupaten Kupang, mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Kupang pada hari pertama pendaftaran, Senin (8/1).

Kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yakni pasangan Hendrik Paut dan Aljeri Monas dengan tagline Harmoni dan pasangan Korinus Masneno dan Jerry Manafe dengan tagline Komitmen.

Paket Harmoni tiba di KPU Kabupaten Kupang sekira pukul 11.00 dengan diantar pimpinan dan pengurus partai pengusung dan massa pendukung. Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Rondo beserta pengurus Partai Demokrat Kabupaten Kupang beserta Ketua DPK PKPI Kabupaten Kupang, Anselmus Djogo dan pengurus PKPI Kabupaten Kupang.
Paket Harmoni dan rombongan diterima Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk beserta empat komisioner yakni Migel E Nitbani, Imanuel W Ballo, Octovianus Dj P La’a, Eli Lomi Rihi dan Sekretaris KPU, Bernardus Fafo.

Setelah berkas pendaftaran diserahkan oleh paket Harmoni, dilakukan penelitian oleh tim yang terdiri dari komisioner KPU, Panwaslu dan tim penghubung paket Harmoni. Usai penelitian, Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk menyampaikan, berkas pendaftaran paket Harmoni dinyatakan lengkap sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Sementara, sekira pukul 14.30, pasangan Korinus Masneno dan Jerry Manafe dengan tagline Komitmen bersama partai pengusung dan massa pendukung tiba di KPU untuk melakukan pendaftaran paket Komitmen.

Didampingi Ketua DPC Partai Nasdem, Sofia Malelak-de Haan beserta pengurus Partai Nasdem Kabupaten Kupang serta pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang, paket Komitmen mendaftarkan diri di KPU.

Setelah berkas diserahkan, tim KPU, Panwaslu dan tim penghubung pasangan bakal calon melakukan penelitian berkas dan dinyatakan lengkap sesuai dengan regulasi dan berhak mengikuti tahapan berikutnya.

Usai menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon, Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk kepada Timor Express mengatakan, untuk paket Harmoni, seluruh persyaratan lengkap. Begitu juga dengan paket Komitmen. Dokumen pencalonan yang ditandatangani pimpinan partai di tingkat DPP dan kabupaten.

“Persyaratan calon baik untuk calon bupati dan wakil bupati semua lengkap, hanya tinggal kita melakukan penelitian lanjutan untuk melihat keabsahannya,” ungkapnya.

Dijelaskan, terkait dengan status bakal calon bupati dari paket Harmoni, Hendrik Paut yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang dan juga PNS, dokumen yang dimasukan ke KPU yakni pernyataan mundur dari jabatan sekda dan pernyataan berhenti dari PNS, sudah lengkap.

“Jadi pada saat pendaftaran, beliau (Hendrik Paut, red) sudah tidak lagi sebagai sekda dan beliau sudah mengajukan berhenti dari PNS. Surat pernyataannya sudah ada. SK pemberhentiannya dimasukan paling lambat 30 hari sebelum pemilihan,” tegasnya.

Hans menjelaskan, untuk tahap lanjutan, setelah pendaftaran, dilakukan pemeriksaan kesehatan. “Jadi, pasangan calon yang mendaftar hari ini (kemarin, red), besok (hari ini, red) langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang dikoordinasikan dengan KPU Provinsi NTT. Besok semua pasangan calon yang hari ini sudah mendaftar akan berkumpul di KPU Provinsi NTT dan akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan narkoba di BNN Provinsi serta tes psikologi,” jelasnya.

Dikatakan, untuk penelitian berkas, 8-16 Januari. Setelah itu ada perbaikan diberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk memperbaiki kemudian hasil akhirnya 12 Februari.

“Setelah mereka masukan perbaikan kita teliti lagi. Pada tanggal 13 Februari penarikan nomor urut pasangan calon dan tanggal 15 Februari mulai kampanye,” jelasnya.

Sementara untuk paket Komitmen, Hans menjelaskan, untuk Korinus Masneno yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kupang, hanya memasukan pernyataan bersedia melaksanakan cuti diluar tanggungan negara saat kampanye. Sementara untuk bakal calon wakil bupati paket Harmoni, Jerry Manafe yang masih aktif sebagai anggota DPRD Kabupaten Kupang, saat pendaftaran wajib memasukan permohonan berhenti sebagai anggota DPRD.

“Jika tidak memasukan persyaratan tersebut, sanksinya dibatalkan sebagai pasangan calon. Jadi misalnya tanggal 12 Februari sudah ditetapkan sebagai calon yang memenuhi syarat, kemudian sampai dengan 30 hari sebelum hari pemilihan pemberhentian definitif dari PNS maupun dari DPRD belum ada, sanksinya adalah dibatalkan sebagai pasangan calon. Pergantian pasangan calon itu dimungkinkan sampai dengan 30 hari sebelum hari pemilihan,” jelasnya. (ays)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!