Seleksi Atlet Penganti Diserahkan ke Pengprov – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Seleksi Atlet Penganti Diserahkan ke Pengprov

BERLATIH. para atlet tinju PPLP 2017 saat berlatih di bawah arahan karel Muskanan. Tahun ini Cabor tinju PPLP akan menganti 6 atletnya yang di degradasi.

RUDY MANDALLING/TIMEX

Pertengahan Januari Atlet PPLP Masuk Asrama

KUPANG,TIMEX – Hasil evaluasi yang dilakukan Dispora NTT terhadap sentra PPLP beberapa waktu lalu, telah merekomendasikan beberapa atlet dari Cabang Olahraga (Cabor) atletik, tinju, silat dan taekwondo yang harus di pertahankan dan sejumlah atlet lainnya di degradasi.

Untuk mengantikan atlet yang terdegradasi, kewenangan penuh diserahkan kepada Pengprov Cabor masih-masing untuk melakukan seleksi dan mengusulkan nama atlet penganti tersebut kepada Dispora NTT.

Hal ini diungkapkan Kabid Pembudayaan Dispora NTT, Frans Sales kepada koran ini, Selasa (9/1) kemarin.

“Dalam waktu dekat Dispora selaku pengelola PPLP akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada masing-masing Pengprov Cabor, Pengkab/Pengkot, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dispora Kabupaten/Kota yang bersangkutan serta orang tua atlet tentang hasil evaluasi atlet PPLP tahun 2017,” terang Frans Sales.

Selain surat pemberitahuan tersebut, Dispora lanjutnya juga akan mengirimkan surat pemanggilan atlet yang masih di pertahankan dan atlet pengganti.
“Khusus untuk atlet yang di promosikan atau atlet pengganti yang didegradasi, sepenuhnya kita percayakan ke Pengprov Cabor untuk menyeleksi,” ungkapnya.
Dari seleksi yang dilakukan oleh Pengprov tersebut, yang di harapkan Dispora kata Frans Sales, agar setiap Cabor mengirimkan atlet-atlet terbaik atau potensial hasil pemantuan lewat POPDA dan Kejuaraan daerah lainnya yang di gelar Pengprov.

Dispora NTT lanjutnya, menargetkan program pembinaan sentra PPLP NTT Tahun 2018 dimulai lebih awal, yakni pertengahan bulan Januari 2018 ini.

Dipastikannya juga, seluruh atlet yang dipanggil untuk menghuni asrama PPLP NTT tahun ini, terlebih dahulu akan menjalani serangkaian tes, yang diawali dengan tes fisik Fisik kecabangan dan tes mental, untuk mengumpulkan data awal dari para atlet.
“Data ini nantinya akan diserahkan kepada para pelatih untuk menyusun program latihan yang nantinya di presentasekan saat pemaparan program latihan oleh pelatih dari keempat Cabor,” bebernya.

Setelah menjalani tes fisik kecabangan, para atlet juga akan menjalani pembinaan karakter atau charakter buillding, kurang lebih seminggu penuh.

“Selaku pengelola, Kami mengharapkan doa dan dukungan dari stakeholders internal maupun eksternal dan masyarakat umum agar pelaksanaan kegiatan pembinaan sentra PPLP tahun ini bisa berjalan sesuai dengan harapan,” pungkasnya.

Tidak berbeda jauh dengan PPLP, pembinaan atlet di PPLD dan PPLM NTT juga akan berjalan berbarengan tahun ini.
Menurut Kabid Peningkatan Prestasi Dispora NTT, Hilda Bria Seran, proses seleksi dan perekrutan atlet PPLD dan PPLM juga mulai di lakukan, dimana prosesnya tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.
Misalnya atlet PPLP yang tahun ini di degradasi karea kelebihan umur tapi memiliki potensi, maka akan di tempatkan di PPLD untuk pembinaan lebih lanjut. (rum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!