Bawaslu Belum Temukan Pelanggaran – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Bawaslu Belum Temukan Pelanggaran

BERSAMA. Tampak Kepala BNNP NTT Brigjen Pol Muhammad Nur (tengah) berpose bersama bakal Paslon cagub dan Cawagub NTT, usai pemeriksaaan bebas penyalahgunaan Narkotika, di kantor BNNP NTT, Rabu (10/1)

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Bakal Paslon Jalani Pemeriksaan Narkotika
Di Pilgub NTT

KUPANG, TIMEX – Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur NTT telah selesai. Saat ini masuk tahapan pemeriksaan kesehatan bakal Paslon.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun turut serta dalam mengawasi setiap tahapan. Hingga Kamis (11/1), Bawaslu belum menemukan adanya pelanggaran pemilu.

Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada wartawan di Kupang, kemarin, mengatakan terdapat empat bakal Paslon yang mendaftar di KPU Provinsi NTT, dan Bawaslu tidak menemukan pelanggaran hingga masa pendaftaran selesai. Bahkan, hingga pemeriksaan kesehatan, maupun tes psikologi dan tes bebas narkoba, Bawaslu tidak menemukan pelanggaran. “Kami terus awasi dan sampai sekarang tidak ada pelanggaran,” katanya.

Selanjutnya, kata Jemris, KPU Provinsi NTT akan melakukan penelitian syarat calon sampai 16 Januari. Bawaslu berharap proses penelitian syarat calon dilakukan secara cermat sesuai prosedur, tata cara dan mekanisme yg diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

Bawaslu NTT, kata Jemris, mengawasi secara melekat setiap tahapan dengan maksud untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran yang dikhawatirkan dapat mengganggu tahapan pilkada. “Sampai dengan saat ini hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu NTT belum menemukan adanya dugaan pelanggaran serius yang berpotensi mengganggu tahapan ke depan,” kata Jemris.

Sementara itu, Empat bakal paslon Gubernur NTT (Cagub) dan Wakil Gubernur NTT (Cawagub) yang telah mendaftar ke KPU, Rabu (10/1) lalu menjalani pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika bertempat di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) NTT.

Kepala BNNP NTT Brigjen Pol. Drs. Muhammad Nur, SH. M. Hum kepada Timor Express, mengatakan proses pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika bagi Parlon Cagub dan Cawagub NTT merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, pemeriksaan narkotika yang dilakukan akan diuji di Laboratorium yang ditunjuk berdasarkan Permenkes Nomor 194/MENKES/SK/VI/2012, salah satunya adalah laboratorium narkotika dan psikotropika BNN.

“Pada prinsipnya untuk memperlancar pemeriksaan ini kami dari pihak BNNP NTT telah melakukan persiapan-persiapan, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam pemeriksaan tersebut jika didapati positif Narkoba, maka akan dilanjutkan dengan uji laboratorium.
Terkait dengan hasil analisa dalam pemeriksaan urine akan disampaikan melalui rapat pleno tim pemeriksa kesehatan. (sam/mg22/rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!