Cegah DBD, Dinkes Lakukan Fogging – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Cegah DBD, Dinkes Lakukan Fogging

Warga Butuh Bubuk Abate

KUPANG, TIMEX – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang dan sejumlah warga menyambut baik upaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang melakukan pencegahan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal ini terbukti dengan dilakukannya fogging di kawasan Jalan Banteng, Kelurahan Nunleu, Kamis (11/1) sore. Fogging dilakukan berdasarkan laporan dari warga.

Anggota DPRD Kota Kupang, Viktor Haning mengatakan upaya pencegahan DBD yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang dinilai sangat tepat dalam pencegahan DBD. “Saya menyambut positif akan apa yang dilakukan oleh Dinkes dalam pencegahan DBD. Karena begitu ada laporan terjadi kasus DBD mereka langsung merespon dengan cepat dengan menurunkan petugas ke lokasi kasus DBD dengan berkoordinasi dengan ketua RT untuk melakukan fogging,” kata politisi Golkar ini.

Ia mencontohkan, kasus DBD yang terjadi di Kelurahan Nunleu, yang mana salah satu warga dinyatakan positif DBD oleh pihak rumah sakit, Dinkes pun langsung secara cepat menurunkan petugas melakukan fogging di rumah warga tersebut.

Apalagi, tambah dia, upaya pencegahan melalui fogging perlu dilakukan secara cepat oleh Dinkes saat musim hujan. Pasalnya mulai muncul jentik nyamuk yang dapat mengakibatkan DBD.

Hal senada juga dikatakan Ketua RT 18, Kelurahan Nunleu, Welem Lette, bahwa upaya pencegahan DBD yang dilakukan Dinkes ini dinilai sangat tepat. Namun diharapkan upaya pencegahan tidak saja mengandalkan pemerintah. Warga pun harus bias secara sadar mencegahnya. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan. “Dalam pencegahan DBD ini musti ada proaktif warga dalam melakukan pembersihan lokasi genangan air,” katanya.

Selain itu, ia berharap dalam upaya pencegahan DBD melalui pembangian abate dari pihak Puskesmas dapat dilakukan bagi warga di Kelurahan Nunleu. Pasalnya warga di wilayah ini sudah lama tidak mendapat abate. “Kami berharap pembagian abate dari Puskesmas untuk kelurahan guna membasmi jentik-jentik nyamuk karena kami tidak mendapat bubuk abate,” katanya. (mg25/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!