Kabupaten Kupang Butuh Perubahan – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Kabupaten Kupang Butuh Perubahan

SERAHKAN BERKAS. Ketua pemenangan paket Tirosa, Johanis Mase menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk disaksikan komisioner KPU Kabupaten Kupang, Rabu (10/1)

IST

Pendaftaran Paket Tirosa Diawali dengan Natoni

OELAMASI, TIMEX – Pasangan bakal calon Nelson Obed Matara dan Bernard Paulus Thomas Wellem Bait dengan tagline Tirosa, mendaftar ke KPU Kabupaten Kupang pada hari terakhir, Rabu (10/1). Seribuan massa baik itu pengurus partai pengusung, simpatisan dan masyarakat berkumpul di sekretariat PDI Perjuangan di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah mengantar paket Tirosa.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kupang, Johanis Mase mengaku, massa yang datang untuk mengantar paket Tirosa mendaftar ke KPU di luar dari perkiraan. Sebab, sesuai dengan yang diperkirakan, massa yang akan mengantar paket Tirosa berjumlah sekitar 500 orang. Namun, hingga siang massa terus berdatangan di sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Kupang hingga mencapai 1.000 orang lebih.

Perwakilan massa dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kupang hadir untuk mengantar paket Tirosa.
Bahkan, kader PDI Perjuangan dari Kabupaten TTU yang juga Ketua DPRD TTU, Frengky Saunoah datang untuk memberikan dukungan kepada paket Tirosa.

Saat di sekterariat PDI Perjuangan, Frengky Saunoah meminta warga TTU yang berdomisili di Kabupaten Kupang agar mendukung paket Tirosa. Sebab menurutnya, di tangan paket Tirosa akan ada perubahan yang signifikan bagi Kabupaten Kupang. “Kalau Kabupaten Kupang mau berubah pastikan pilihan kita pada paket Tirosa,” kata Frengky.

Frengky mengaku, kehadirannya bersama dua anggota DPRD TTU selain memberikan dukungan kepada paket Tirosa, juga karena atas jasa-jasa Nelson Matara ia bisa duduk sebagai ketua DPRD TTU.

Ia tidak ragu dengan Nelson Matara yang sudah banyak pengalaman dan sudah matang. Di mana, Nelson Matara selama empat periode duduk sebagai anggota DPRD Provinsi NTT. Sementara, pengalaman Bernard Bait juga tidak diragukan lagi sebab, Bernard juga duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Kupang selama tiga periode.

“Pak Nelson Matara anggota dewan empat kali. Itu artinya, soal kepemimpinan tidak diragukan lagi, sudah matang. Sehingga, kalau Kabupaten Kupang mau berubah, pilih Nelson Matara dan Bernard Bait,” katanya sambil mengharapkan agar masyarakat Kabupaten Kupang tidak ragu menentukan pilihan pada paket Tirosa.

Di KPU Kabupaten Kupang, sebelum menyerahkan berkas pendaftaran, diawali dengan tutur adat (Natoni) dan penyerahan berkas oleh ketua tim pemenangan paket Tirosa yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan, Johanis Mase didampingi pengurus PDI Perjuangan dan PKB.
Setelah menerima berkas pendaftaran, tim KPU, Panwaslu dan tim pemenang paket Tirosa melakukan penelitian berkas. Usai melakukan penelitian berkas, Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk didampingi anggota KPU, Migel Nitbani, Imanuel Ballo, Octo La’a dan Eli Lomi Rihi mengumumkan berkas paket Tirosa dinyatakan lengkap dan sah. Selanjutnya paket Tirosa diberikan rekomendasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan.

Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga ketua pemenangan paket Tirosa, Johanis Mase kepada wartawan di kantor KPU menjelaskan, tekad PDI Perjuangan dan PKB sama, yakni, kerja kerja kerja dan kerja. “Yang pasti kita lakukan. Semua lawan berat, tergantung dari strategi kita untuk memenangkan pertarungan. Massa ini tidak bisa dibendung oleh PDI Perjuangan dan PKB. Itu artinya, masyarakat Kabupaten Kupang butuh perubahan. Perubahan yang drastis,” ungkapnya.

Karena itu kata Johanis, Kabupaten Kupang membutuhkan pemimpin yang membawa visi baru. Tidak berarti semuanya baru, tapi apa yang baik akan dipertahankan dan ditindaklanjuti dan yang kurang akan diperbaiki.
Sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kupang, kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini, untuk PDI Perjuangan pengurus stand by sampai di tingkat desa. Itu menjadi kekuatan PDI Perjuangan untuk menggerakkan roda partai memenangkan pertarungan ini.
Sementara, Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk mengatakan, hingga hari terakhir masa pendaftaran, sudah lima bakal calon yang mendaftar. Empat pasangan yang didukung oleh partai politik dan satu pasangan bakal calon dari perseorangan.

Untuk pasangan bakal calon perseorangan, sudah mendaftar tapi harus melaksanakan kewajibannya yaitu memperbaiki syarat dukungan yang harus dimasukan ke KPU pada tanggal 18-20 Januari. Tiga hari itu diberikan kesempatan kepada pasangan bakal calon perseorangan melengkapi syarat dukungan yang kurang.

“Jumlah yang harus dimasukan paling sedikit 5.898 dukungan,” ungkapnya.
Sementara untuk pasangan bakal calon yang didukung oleh partai politik, masih ada persyaratan-persyaratan calon yang harus dilengkapi dan harus diperbaiki. Terutama persyaratan yang dikeluarkan oleh instansi lain. “Misalnya dari Pengadilan Niaga, bakal calon paket Terkini, berkas dari Pengadilan Niaga baru akan diperoleh besok (Kamis, red). Sehingga kami sudah sampaikan untuk segera dilengkapi,” katanya.

Selanjutnya kata Hans, KPU melakukan penelitian lanjutan untuk menentukan persyaratan-persyaratan itu apakah benar dan sah. Kalau persyaratan itu ada, tetapi keabsahannya harus diteliti lagi. “Apabila ada keraguan dan ada yang tidak sesuai kita akan sampaikan ke pasangan bakal calon untuk memperbaiki persyaratan itu. Sampai tanggal 12 Februari kita akan melakukan penetapan pasangan calon dan tanggal 13 Februari penarikan nomor urut,” jelasnya sembari mengatakan, terhadap semua pasangan bakal calon setelah dilakukan pendaftaran langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan. (ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!