Parpol Masih Bisa Ganti Calon – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Parpol Masih Bisa Ganti Calon

Jika Tak Lolos Tes Kesehatan

KUPANG, TIMEX–Jangan anggap remeh pemeriksaan kesehatan. Bisa saja ada calon yang tak lolos. Apalagi, sesuai Peraturan KPU, tidak ada pemeriksaan kesehatan ulang. Jika gugur di tes kesehatan, partai politik atau gabungan partai politik bisa mengganti calonnya.
Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe, Kamis (11/1) mengatakan pasangan calon tidak diperkenankan melakukan pemeriksaan pembanding. “Ini dalam PKPU, jelas,” tegas Maryanti.

Jika tidak memenuhi syarat alias gugur dalam pemeriksaan kesehatan, maka parpol pengusung bisa mengganti calonnya. Jadwalnya adalah pada 18-20 Januari mendatang. “Jadi misalnya satu calon tidak memenuhi syarat lalu gugur semua. Tidak. Yang tidak memenuhi syarat kesehatan itu bisa diganti,” katanya.

Mantan Komisioner KPU Kota Kupang ini menambahkan, catatan penting adalah calon pengganti sudah harus lengkap seluruh dokumen persyaratannya. Pasalnya, tidak ada kesempatan bagi bakal pasangan calon yang baru diusulkan untuk memperbaiki dokumen. “Karena waktunya sangat sempit, sehingga semua dokumen harus dipersiapkan secara baik,” kata Maryanti.

Menurutnya, tim dokter akan melakukan rapat pleno untuk menetapkan hasil pemeriksaan kesehatan pada 15 dan 16 Januari. Dalam tim pemeriksa kesehatan tergabung dokter-dokter yang ada di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) NTT, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) NTT.

“Hasil pleno pemeriksaan kesehatan akan disampaikan kepada KPU pada 16 Januari,” ujar Maryanti.
Selanjutnya, pada 17 dan 18 Januari, KPU akan menyampaikan hasil penelitian berkas pencalonan kepada paslon yang di dalamnya juga sudah termasuk hasil pemeriksaan kesehatan.

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan sejak 8 Januari lalu. Pemeriksaan kesehatan dijadwalkan selesai pada 15 Januari. Pasalnya, tak hanya memeriksa para paslon gubernur dan wakil gubernur, tim dokter juga memeriksa para calon bupati dan wakil bupati dari 10 kabupaten.

Kamis kemarin, tim dokter telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap para calon gubernur dan calon wakil gubernur. Termasuk calon-calon dari Kabupaten Kupang. Tim dokter juga sudah memeriksa para calon dari Kabupaten Alor, SBD, Nagekeo dan Sumba Tengah. Sementara kabupaten lainnya akan menyusul hari ini. (sam/ito)

Iban Medah Siap Menangkan Victory-Joss

CALON Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi (Victory-Joss), Kamis (11/1) menemui politisi kawakan NTT, Ibrahim A. Medah yang juga anggota DPD RI.

Iban Medah ditemui di kediamannya, di Kelurahan Nefonaek, Kota Kupang. Kedatangan paket Victory-Joss diterima hangat oleh Iban Medah bersama istri Corry Medah. Peluk cium penuh kekeluargaan terjadi begitu akrab antara Laiskodat, Nae Soi, Iban Medah dan Cory Medah termasuk Sarah Lery Mboeik yang turut mendampingi paket Victory-Joss.

Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi pada kesempatan itu mengajak Iban Medah untuk bersama-sama memperjuangkan kemenangan Paket Victory-Joss. “Kami merasa agak terlambat sehingga butuh dukungan Pak Iban,” ujar Viktor.

Iban Medah pun memberi apresiasi terhadap kedatangan Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi. “Saya selaku anggota Partai Hanura yang mana Hanura berkoalisi mendukung Bung Viktor dan Bung Josef, maka sebagai anggota Hanura saya bertanggungjawab untuk merespons dan turut memperjuangkan,” ujar mantan Bupati Kupang dua periode ini.

Mantan Ketua DPRD NTT ini mengaku optimistis meski Victory-Joss terlambat dalam proses pemilihan Gubernur NTT. “Ibarat lari marathon, yang lain sudah lari jauh, Bung Viktor dan Bung Josef baru di titik start sehingga kita harus menambah kecepatan kerja agar bisa mengimbangi dan melampaui kompetitor,” katanya.

Iban Medah pun menegaskan siap bekerja memenangkan paket itu dan siap menyesuaikan setiap jadwal kerja yang disiapkan tim. “Saya siap menyesuaikan jadwal kerja dari tim,” kata Medah. (sam/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!