Satker Harus Paham Revaluasi BMN – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Satker Harus Paham Revaluasi BMN

KUPANG, TIMEX-Satuan kerja (Satker) instansi pemerintah harus memahami cara melakukan perhitungan kembali atau revaluasi barang milik negara (BMN). Ini untuk mengetahui keberadaan barang tersebut dan pemanfataannya.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kupang, I Wayan Subadra kepada Timor Express Rabu (10/1). “Setiap Satker harus melakukan inventarisasi dan revaluasi barang milik negara (BMN). Sebenarnya ini dilaksanakan sejak tahun lalu, namun kami melihat ada beberapa kendala, sehingga kami undang kembali Satker untuk kami berikan lagi pemahaman bagaimana melakukan inventarisasi dan revaluasi,” kata Wayan.

KPKNL Kupang menggelar sosialisasi inventarisasi dan revaluasi BMN yang diikuti sekira 60 peserta dari Satker di seluruh NTT. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis kemarin. “Peserta sangat antusias karena pentingnya revaluasi BMN ini. Apalagi tahun ini harus beres di semua Satker,” jelas Wayan.

Beberapa kendala yang ditemui pihaknya, yakni Satker belum bisa mengisi formulir secara lengkap, Satker juga belum menyiapkan data awal yang lengkap seperti sertifikat. “Juga sumber daya manusia. Sehingga kami sudah turunkan tim pendamping di lapangan untuk membantu para Satker,” jelas Wayan.

Target pemerintah, jelas Wayan, semester pertama tahun ini inventarisasi dan revaluasi BMN selesai dilakukan oleh semua Satker. Kurun waktu yang singkat ini, KPKNL Kupang mengharapkan semua Satker untuk bisa bekerja maksimal melakukan inventarisasi dan perhitungan kembali nilai aset BMN di Satker masing-masing.

Tujuannya, jelas Wayan, selain untuk mengetahui keberadaan dan nilai aset, juga untuk memaksimalkan pemanfaatan aset tersebut. “Kita bisa tahu berapa barang milik negara yang sudah rusak, yang tidak ditemukan dan yang berpotensi untuk disewakan,” kata Wayan.(ito/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!