UMP Acuan bagi Kabupaten dan Kota – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

UMP Acuan bagi Kabupaten dan Kota

Bruno Kupok

Bruno: Harus Dilaksanakan

KUPANG, TIMEX-Upah Minimum Provinsi (UMP) adalah acuan bagi pemerintah kota dan kabupaten dalam menentukanUpah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Dan, UMK tidak boleh di bawah dari UMP.
Demikian hal ini ditegaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi NTT, Bruno Kupok kepada Timor Express, Kamis (11/1).

Bruno jelaskan, pemerintah provinsi NTT melalui Keputusan GUbernur NTT, Frans Lebu Raya telah menetapkan UMP NTT tahun 2018 sebesar Rp 1.660.000 per bulan. “Nanti masing-masing kabupaten/kota melalui dewan pengupahan mereka bahas dan evaluasi untuk menentukan besaran UMK mereka lalu diusulkan dan nanti ditandatangani oleh gubernur. Dan, besarannya tidak boleh di bawah UMP,” jelas Bruno.

Dia contohkan, saat ini pihaknya sudah mendapat keputusan gubernur tentang UMK Kota Kupang, yakni sebesar Rp 1.712.000 per bulan. Menurut dia, sampai saat ini pihaknya belum menerima data dari daerah lain.

Untuk merealisasikan keputusan gubernur tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan APINDO dan serikat pekerja untuk menyebarluaskan informasi terkait hal ini. APINDO, lanjut dia berkaitan dengan pemilik usaha atau majikan. Sementara serikat pekerja kepada para pekerja.

“Kami sudah kirim surat keputusan ini kepada pihak terkait untuk menyebarluaskan informasi ini dan menjadi tanggung jawab bersama,” sambung dia.

Selanjutnya, Dinas Nakertrans juga bertugas melakukan pengawasan pemantauan terhadap pelaksanaan keputusan tersebut di lapangan. Pasalnya, keputusan tersebut bersifat mengikat, sehingga harus dilaksanakan.

Ditanya lagi terkait daerah lain yang belum menetapkan UMK, Bruno katakan, ketentuan UMP bisa dilaksanakan langsung oleh kabupaten/kota jika tidak ada kenaikan atau perubahan UMK. “Jadi kalau kabupaten bilang UMP itu pas, maka mereka tinggal laksanakan, dan tidak perlu lagi keputusan baru. Kecuali ada kenaikan, bari dibahas dan dibuatkan keputusan baru,” tutup dia.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!