Anggaran USBN Diambil dari Dana BOS – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Anggaran USBN Diambil dari Dana BOS

Muhadjir Effendy

JAKARTA, TIMEX-Anggaran ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian sekolah/madrasah (US/M) bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad, pemerintah akan mengawal dana BOS.

Hal itu dilakukan untuk memastikan USBN dan US/M berjalan dengan baik. “Anggaran US/M dan USBN dialokasikan di BOS. Makanya, akan kami kawal ini,” ujar Hamid, Kamis (11/1).

Hamid juga meminta Dinas Pendidikan membantu sekolah dalam pembiayaan agar siswa tidak ditarik pungutan lagi.

“Siswa yang akan ikut ujian tidak usah dibebani dengan masalah biaya. Dinas Pendidikan harus ikut berkontribusi;” ucap Hamid.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy memastikan USBN SD hanya tiga mata pelajaran. Beda dengan rencana awal yakni delapan mata pelajaran. “Penerapan (8 mata pelajaran) belum tahun ini. Kami sudah sepakat hanya tiga saja,” ujar Muhadjir di Jakarta.

Adapun perubahan nama USBN, dari sebelumnya US (ujian sekolah) tak terlalu banyak berbeda. “Sama juga mata pelajarannya, yang diujikan tetap sama Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA,” tambah Muhadjir.

Sementara, Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, mengatakan pada USBN tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun lalu. Terutama dari sisi soal.

“Akan ada soal esai selain rentetan soal pilihan ganda,” tambah dia.

Sekalipun demikian, Totok mengungkapkan bahwa aturan pelaksanaan UASBN dibuat senyaman mungkin alias tak memberatkan. Misalnya dari segi penyajian soal dan jawaban USBN.

“Tidak harus memakai kertas. Untuk sekolah yang sudah berbasis komputer dapat memakai komputer untuk soal pilihan ganda dan memakai kertas untuk menjawab soal USBN,” tutup dia. (esy/rgm/jpg/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!