Nasib Cagub-Cawagub Ditentukan 12 Februari – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Nasib Cagub-Cawagub Ditentukan 12 Februari

Maryanti Adoe

KUPANG, TIMEX – Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT telah mendaftar ke KPU Provinsi NTT. Saat ini berkasnya telah diteliti KPU. Penetapan calon yang lolos ke tahap berikutnya dilakukan KPU pada 12 Februari mendatang.
Menurut Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe para bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT sudah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan, psikotes dan narkotika.

Empat paslon gubernur dan wakil gubernur yang sudah mendaftar itu yakni, pasangan Esthon L. Foenay – Christian Rotok (Esthon-Chris), Benny K. Harman – Benny A. Litelnoni (Harmoni), Marianus Sae – Emelia J. Nomleni (MS-EN) dan Viktor Bungtilu Laiskodat – Josef Nae Soi (Victory-Joss).

Maryanti mengatakan, mulai tanggal 10-16 Januari, KPU melakukan verifikasi terhadap dokumen pasangan bakal calon. Hasilnya akan disampaikan dalam rapat pleno terbuka dengan mengundang bakal paslon dan partai politik (parpol) pengusung dan akan dihadiri oleh Bawaslu NTT. “Kalau dalam verifikasi ada dokumen-dokumen yang kami temukan belum memenuhi syarat, akan dikembalikan untuk diperbaiki dan untuk pemberitahuan hasil penelitian verifikasi dokumen akan disampaikan antara tanggal 17-18 Januari,” katanya.
Maryanti menjelaskan, kesempatan yang diberikan untuk perbaikan syarat calon yaitu selama tiga hari. Selanjutnya penyerahan perbaikan syarat calon akan dilakukan oleh gabungan parpol pada tanggal 18-20 Januari.

Setelah menerima perbaikan dimaksud, KPU akan melakukan penelitian terhadap syarat calon pada tanggal 19-27 Januari. Hal ini dilakukan secara internal oleh KPU NTT. Kemudian akan dilakukan penetapan pasangan calon pada tanggal 12 Februari 2018.
“Penetapan paslon ini akan dilakukan dalam pleno tertutup dan hasilnya akan diumumkan dalam pleno terbuka pada tanggal 12 Februari dengan mengundang bakal paslon dan juga parpol pengusung,” tandasnya.

Dia menambahkan, untuk pengundian dan pengumuman nomor urut bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT akan dilakukan pada tanggal 13 Februari dalam rapat pleno terbuka. (sam/rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!