Pemuda Harus Lakukan Fungsi Kontrol – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Pemuda Harus Lakukan Fungsi Kontrol

DISKUSI. Wakil Ketua Umum KNPI Berto Isak Doko (kiri) berdiskusi dengan Pemimpin Redaksi Timor Express Marthen Bana (kanan) saat bertandang ke Graha Pena, Jumat (12/1)

KRISTO EMBU/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Peran pemuda dalam pembangunan tak bisa dipungkiri. Sebagai generasi penerus masa depan bangsa, pemuda memiliki peran strategis. Termasuk melakukan fungsi kontrol terhadap kinerja penyelenggara pemerintah.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Berto Isak Doko saat bertandang ke Graha Pena Timor Express, Jumat (12/1). Berto didampingi Ketua DPD KNPI NTT Heri Boki dan jajaran pengurus diterima Pemimpin Redaksi Timor Express Marthen Bana dan Redaktur Pelaksana Kristo Embu.

Berto yang juga putra NTT ini mengatakan, peran pemuda dalam mengisi pembangunan sangat strategis. Namun, di sisi lain tantangan yang dihadapi pemuda juga tidak sedikit. “Kondisi sekarang tantangan yang dihadapi pemuda juga cukup besar dalam menjaga netralitasnya. Sehingga tak heran jika ada yang tidak idealis atau terkontaminasi dengan kepentingan sempit,” kata Berto.

Untuk itu dirinya meminta KNPI NTT sebagai representasi pemuda NTT untuk ambil bagian secara aktif dalam membangun daerah. “Sebagai pemuda, KNPI NTT memiliki peran strategis. Yang paling penting adalah turut melakukan kontrol terhadap pembangunan sehingga berjalan sesuatu aturan dan tujuannya benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat banyak,” kata Berto.

Mantan Ketua KNPI Kepulauan Riau ini meminta KNPI NTT untuk mengkritisi hal-hal yang tidak sesuai aturan dan merugikan masyarakat banyak. “Seperti yang selama ini sudah dilakukan itu sudah bagus. Saya selalu mendapat laporan setiap kegiatan atau aksi yang dilakukan KNPI. Itu bagus untuk menunjukkan eksistensi KNPI sebagai organisasi pemuda,” kata Berto.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Timor Express Marthen Bana menilai apa yang dilakukan KNPI NTT selama ini membuktikan eksistensi KNPI NTT sebagai organisasi pemuda yang independen. “Selama ini KNPI telah memberikan kontribusi dalam setiap persoalan yang menyangkut kepentingan masyarakat umum. Ada beberapa contoh kasus yang membuktikan sikap KNPI yang independen seperti proses pemilihan pengurus Bank NTT dan beberapa hal lainnya dimana KNPI terus menyuarakan hal-hal yang dinilai tidak sesuai aturan,” kata Marthen.

Karena itu, Marthen mengharapkan semangat ini terus dijaga dan ditingkatkan sehingga bisa memberi kontribusi yang lebih besar lagi dalam membangun daerah ini. Apalagi, lanjut Marthen, saat ini NTT sedang menghadapi tahun politik pemilihan kepala daerah dimana peran KNPI NTT sangat strategis pula.

Ketua DPD KNPI NTT Heri Boki mengatakan dirinya bersama jajaran pengurus selalu siap untuk menyuarakan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat umum. Dirinya juga menyambut positif permintaan Pemred Timex mengenai tahun politik ini. “KNPI akan mengambil sikap netral dan bersama masyarakat menyukseskan Pilkada di NTT,” kata Heri. Dia menambahkan, KNPI bisa melaksanakan diskusi publik dengan menghadirkan para calon membahas apa yang akan dilakukan untuk NTT selama lima tahun ke depan. (ito/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!