Nasdem Belum Aman, Hanura Kritis – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Nasdem Belum Aman, Hanura Kritis

DENNY JA

JPG

Lima Partai Terancam Gagal Lolos ke Senayan

JAKARTA, TIMEX-Ada lima partai politik yang saat ini terancam tidak lolos ke parlemen di Senayan. Hal ini terjadi lantaran lima parpol ini dalam survei LSI Denny JA memperoleh dukungan dibawah 4 persen.

Padahal Parliamentary threshold (PT) pada Pemilu 2019 telah ditetapkan sebesar 4 persen. Kelima parpol tersebut yakni PPP, Nasdem, PAN, PKS dan Hanura. Perolehan dukungannya rata-rata masih dibawah 4 persen, terkecuali Nasdem.

Peneliti LSI Denny JA mengatakan, Partai Nasdem di survei ini, memperoleh dukungan sebesar 4,2 persen. Namun karena margin error survei ini adalah 2,9 persen, maka Nasdem juga tentunya belum aman dari batas minimal PT 4 persen.

Sementara itu, dari lima partai lama yang belum aman lolos PT, Hanura berada dalam kondisi yang lebih kritis. Dalam tiga survei terakhir LSI Denny JA, elektabilitas Hanura selalu dibawah 4 persen, bahkan di bawah 2 persen. “Artinya partai Hanura terancam terlempar dari parlemen, dan masuk kategori partai gurem, karena memperoleh dukungan dibawah 2 persen,” papar Rully di Kawasan Rawamangun Jakarta Timur, Rabu (24/1).

Menurutnya, dualisme ketua umum yang terjadi di Hanura beberapa waktu lalu juga bisa memperburuk kredibilitas dan upaya konsolidasi Hanura menghadapi pemilu. “Hanura butuh isu baru yang kuat dan dukungan tokoh atau figur yang punya daya tarik elektoral untuk menyelamatkan partai,” pungkasnya. (jaa/rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!