Minggu, Mulai Verifikasi Partai Lama – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Minggu, Mulai Verifikasi Partai Lama

Arief Budiman

NET

JAKARTA,TIMEX – Bagi para pengurus partai politik (parpol), akhir pekan ini bukan waktu untuk berleha-leha. Sebab, parpol lama mulai menjalani verifikasi faktual, sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagai tahap awal, KPU akan melakukan verifikasi untuk kepengurusan tingkat pusat dan provinsi.
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan berkeliling ke kantor DPP tiap partai pada Minggu (28/1) hingga Senin (29/1). ’’Seingat saya, Minggu ada enam parpol dan enam parpol yang lain Senin,’’ ujarnya di Royal Hotel, Jakarta, kemarin (25/1).
Berbeda dengan kepengurusan pusat dan provinsi, verifikasi di tingkat kabupaten/kota dimulai Selasa (30/1). Sebab, ada dokumen lain yang harus disediakan karena item yang diverifikasi berbeda. Yakni, dengan menambah jumlah kepengurusan partai.
Anggota Komisi II DPR Fandi Utomo mengatakan, perubahan teknis verifikasi memang memudahkan. Namun, tidak berarti kualitas verifikasi menurun. Dia menjelaskan, meski jumlah keanggotaan yang dihadirkan ke kantor DPC merupakan usul partai dan jumlahnya hanya lima hingga sepuluh persen, mereka bukan orang asal-asalan. Sebab, sosok yang disodorkan harus terdaftar dalam sistem informasi partai politik (sipol). ’’Jadi, sipol itu menjadi basis acuan dalam verifikasi keanggotaan. Kalau anggota yang didatangkan ke kantor tidak ada di sipol, tidak bisa diverifikasi,” ujarnya.
Terkait sampel yang hanya lima sampai sepuluh persen, Fandi menilai, kebijakan itu harus diambil. Sebab, di tengah waktu yang sempit, tidak mungkin aturan dijalankan secara normal. Apalagi, ada kendala ketersediaan anggaran. ’’Kalau omong fairness, yah enggak fair terhadap parpol di parlemen. Yang lain dibiayai KPU, sedangkan kami harus menghadirkan sendiri anggota ke kantor DPC. Jadi, terhadap kondisi ini, komisi II bisa memahami,’’ katanya. (far/c4/oni/jpg/rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!