Sebulan Latihan Jadi Benyamin – Timor Express

Timor Express

SELEBRITA

Sebulan Latihan Jadi Benyamin

Reza Rahadian

JPG

FALCON Pictures kembali menggarap film yang mengangkat komedian legendaris yakni Benyamin Biang Kerok yang akan dirilis 1 Maret mendatang. Terinspirasi film berjudul sama yang dibintangi mendiang komedian legendaris Benyamin Sueb pada 1972. Tebak siapa yang memerankan aktor sekaligus ikon budaya Betawi itu? Reza Rahadian, dong!

Rabu (24/1), Falcon merilis poster film dan teaser trailer. Dalam teaser, Pengki (Reza) terlihat asyik bermimpi dan dibangunkan Nyak Mami (Meriam Bellina). Lantas, adegan berganti ketika Pengki, dalam balutan jas dan diiringi sejumlah penari, menyanyikan rearansemen lagu Ondel-Ondel milik Benyamin. Dalam teaser, tampak bahwa film arahan sutradara Hanung Bramantyo itu bergenre komedi musikal.

Reza menjelaskan, memerankan Benyamin membuatnya merasa terhormat. Aktor 30 tahun itu mengaku tumbuh dengan menonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan. ”Bermain film komedi dan memerankan sosok legendaris itu dobel senangnya,” katanya.

Salah satu persiapan Reza adalah menumbuhkan kumis dan jambang. Sebelumnya, banyak yang bertanya mengapa dia memanjangkan facial hair. Rupanya, itu dilakukan supaya dia semakin mirip Benyamin. Reza juga berlatih gestur, intonasi suara dan gaya bicara Benyamin.

Bagi Reza yang telah memerankan segala jenis karakter dalam film (mulai B.J. Habibie sampai kakak RA Kartini), berperan sebagai Benyamin merupakan tantangan baru. Selain menghidupkan karakter, Reza harus bisa menghayati lelucon khas pemeran Si Kabayan itu.

Benyamin punya berbagai ciri khas yang sulit untuk dibawakan Reza. Misalnya, tawa, senyum, ekspresi terkejut, sikap nyinyir dan bentuk bibirnya saat sedang berakting atau melawak. Tugas Reza semakin berat karena dirinya bukanlah komedian asli. ”Yang paling sulit itu menirukan karakter suara dan tertawanya yang ikonik. Saya berlatih tertawa ala Benyamin berulang-ulang sampai bisa mirip,” ujarnya.

Reza membutuhkan sebulan penuh untuk mempelajari karakter Benyamin. Dia belajar dari film-film, sinetron, dan lagu Benyamin. Bahkan, Reza harus menari serta menyanyi dengan koreografi dan suara ala Benyamin. Benar-benar sebuah hal baru dalam karir akting Reza.

Saat diumumkan menjadi pemeran Benyamin pada November lalu, banyak juga yang berpendapat bahwa Reza terlalu sering bermain film. ”Ada yang bilang, ’Reza lagi… Reza lagi’,” ucapnya menirukan pendapat beberapa orang. Dia santai menanggapinya.
Menurut dia, ada aktor yang lebih sering mendapat peran dalam banyak film ketimbang dirinya. ”Mungkin, yang ngomong ’Reza lagi, Reza lagi’ cuma nonton film-film yang saya bintangi kali ya,” tuturnya, lantas tertawa. (len/c16/na/jpg/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!