Kemenhub Rogoh Kocek Rp 48,20 Triliun – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Kemenhub Rogoh Kocek Rp 48,20 Triliun

Budi Karya

Dukung Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas

JAKARTA, TIMEX-Kementrian Perhubungan mendukung pengembangan infrastruktur dan Konektivitas pada daerah tertinggal dan kawasan perbatasan. Hal itu untuk mewujudkan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019, dimana Kementerian Perhubungan diamanahkan untuk melaksanakan pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.
“Untuk itu dibutuhkan peran serta Kemenhub melalui program prioritas pembangunan daerah afirmasi melalui percepatan pembangunan daerah tertinggal dan kawasan perbatasan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai membuka acara Rapat Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Perhubungan Tahun 2019 di Kantor Kemenhub, Kamis (1/2).
Alokasi anggaran Kemenhub memang terus mengalami peningkatan pada kurun waktu 2016 sampai 2018. Pada tahun 2016 sebesar Rp 43.15 triliun, pada tahun 2017 sebesar Rp 45,98 triliun, dan pada tahun 2018 sebesar Rp 48,20 triliun. Namun peningkatan alokasi anggaran tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden kita didorong untuk mencari pendanaan alternatif di luar APBN melalui Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), peningkatan peran BUMN, Pembiayaan Infrastruktur Non APBN (PINA), Pembiayaan dengan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan investasi swasta murni untuk proyek-proyek yang bersifat strategis dan bernilai ekonomis tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan fokus penggunaan APBN diutamakan untuk daerah-daerah yang belum berkembang. Di mana peranan private sektor masih minim. Untuk daerah perkotaan yang sudah baik dari sisi ekonomi maka seharusnya fokus dari anggaran lebih sebagai katalis atau katalisator.

“Tentu dalam hal ini Kemenhub adalah kementerian yang luar biasa penting peranannya bagi Indonesia membangun apa yang dibangun konektivitas, competiveness, efisiensi, juga low cost economy yang akan sangat berguna bagi perbaikan kemakmuran di seluruh pelosok. Untuk itu Kemenkeu siap untuk membantu dan berpartner secara kuat dengan Kemenhub,” pungkasnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan yang hadir juga berpendapat rapat koordinasi ini dapat memberikan gambaran peranan Kemenhub dalam membangun konektivitas. Serta bagaimana swasta dapat diundang untuk masuk dalam program pemerintah.(dai/jpg/cel)

Alokasi Anggaran Kemenhub dari Tahun ke Tahun
1.Tahun 2016 Rp 43.15 triliun
2.Tahun 2017 Rp 45,98 triliun
3.Tahun 2018 Rp 48,20 triliun

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!