Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM

ILUSTRASI PERTAMINA

Pertamina Jaga Pasokan di Daerah Wisata

SURABAYA, TIMEX–Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) diprediksi meningkat pada masa liburan Tahun Baru Imlek pekan depan. Pertamina pun bersiap menjaga pasokan, terutama di daerah-daerah wisata.
General Manager Pertamina MOR V (wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara) Ibnu Chouldum menyatakan, pihaknya akan siaga, terutama di kawasan wisata seperti Malang, Batu, Banyuwangi, dan Bali. Terlebih, libur Imlek bertepatan dengan long weekend. Diperkirakan ada lonjakan konsumsi BBM sekitar 10–15 persen di wilayah tersebut.

“Kenaikan hanya ada di titik wisata. Di Surabaya justru akan turun karena masyarakat saat liburan nanti biasanya selalu keluar kota,” ungkapnya di sela kegiatan penyerahan CSR ambulans oleh Pertamina MOR V di Surabaya Jumat (9/2).
Menurut dia, peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan. “Karena masyarakat yang bepergian juga tidak sebanyak saat Lebaran atau liburan sekolah dan tahun baru kemarin,” jelas Ibnu.
Selain BBM, Pertamina akan menjaga pasokan avtur. Khususnya di Bandar Udara Ngurah Rai, Bali. Peningkatan konsumsi avtur saat Imlek diprediksi sama seperti BBM, yaitu sekitar 10–15 persen. “Kondisi avtur di Bali saat ini mulai normal kembali setelah sempat alami penurunan akibat Gunung Agung (erupsi, Red),” katanya.
Dalam kondisi normal, konsumsi avtur di Bali sekitar 2.400 kl per hari. Saat terjadi letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu, tingkat konsumsi bahan bakar penerbangan itu menurun di angka 1.800–2.000 kl per hari. “Sekarang sudah normal lagi di angka 2.400 kl per hari. Puncaknya saat long weekend nanti bisa mencapai 2.800 kl per hari,” paparnya.

Selain di Bali, peningkatan diperkirakan terjadi di Bandara Juanda, Surabaya. “Tetapi, kenaikan di Juanda tidak akan sebesar di Bali. Mungkin hanya naik 5 persen,” kata Ibnu. Konsumsi avtur di Juanda sekitar 1.200 kl per hari. Pertamina menjamin bahwa persediaan BBM serta avtur di wilayah Jabanusa akan aman saat libur panjang nanti.

Dalam kesempatan yang sama, Pertamina MOR V menyerahkan bantuan dua unit mobil ambulans kepada Yayasan PKBM Laksa dari Kabupaten Trenggalek serta Yayasan Persaudaraan Setia Hati Terate dari Bojonegoro. “CSR tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap peningkatan pelayanan derajat kesehatan masyarakat. Nilainya kurang lebih sekitar Rp 300 juta,” katanya.(car/c15/fal/jpg/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!