Timor Express

HUKUM

Marianus Tetap Ikut Tahapan Pilgub

KPU Provinsi NTT menjadwalkan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur NTT pada Senin (12/2) sekira pukul 12.00. Apa pun status Marianus Sae yang di-OTT KPK, ia tetap mengikuti proses Pilgub.
Juru bicara KPU Provinsi NTT Yosafat Koli kepada Timor Express, Minggu (11/2) mengatakan, tahapan penetapan calon terus berlangsung sesuai jadwal. Dan keempat pasangan calon diundang untuk menghadiri pengumuman penetapan.
Menurut Yosafat, koalisi partai politik bisa menggantikan calon jika berhalangan tetap, meninggal dunia dan terkena kasus yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. “Di luar ini tidak bisa diganti,” katanya.
Terkait calon gubernur Marianus Sae yang di-OTT, menurut Yosafat, Marianus tetap mengikuti tahapan Pilgub hingga selesai jika belum ada keputusan hukum tetap. “Dia tetap bisa berkampanye, mengikuti pemilihan bahkan sampai pelantikan kalau menang. Kalau memang belum ada keputusan hukum tetap,” kata Yosafat.
Anggota Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna mengatakan, untuk kondisi saat ini parpol tidak bisa mengajukan calon pengganti karena tahapan pendaftaran dan penyerahan berkas pencalonan sudah dilewati. Oleh karena itu, jika memenuhi syarat, maka KPU akan tetap menetapkannya sebagai calon gubernur.
“Apabila di kemudian hari sudah ada putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap, maka calon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Jemris.
Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara yang dikonfirmasi mengaku DPD PDIP NTT belum bersikap dan masih menunggu perkembangan di KPK. Ia mengatakan informasi yang didapat belum akurat. “Infonya belum akurat karena info yang kami dapat yang di-OTT kepala dinas, bukan Marianus. OTT di Ngada sedangkan pak Marianus ada di Jakarta,” kata Nelson. (sam/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!