Timor Express

SPORTIVO

Kabupaten/Kota Diminta Prioritaskan Cabor Unggulan Daerah

FOTO BERSAMA. Ketua Umum KONI NTT Andre Koreh bersama jajaran pengurus serta utusan KONI Kabupaten/Kota usai penutupan rapat Anggota KONI di Hotel Sotis, Rabu (14/2) lalu. Salah Rapat anggota ini adalah mengesahkan Program Kerja KONI NTT 2018, termasuk didalamnya Porprov NTT dan cabor yang dipertandingkan.

RUDY MANDALLING/TIMEX

20 Maret 2018, Daftar Cabor Yang Diikuti Sudah Diserahkan
Porprov NTT 2018

KUPANG,TIMEX – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT 2018, baru akan digelar tanggal 9 September nanti. Untuk itu, KONI NTT meminta KONI Kabupaten/Kota se NTT mulai mempersiapkan atletnya, sesuai dengan cabang olahraga yang akan diikuti.
KONI NTT juga meminta paling lambat 20 maret 2018 ini, Daftar Cabang Olahraga yang akan diikuti KONI Kabupaten/Kota, sudah diserahkan ke KONI NTT.

Hal ini teruang dalam surat KONI NTT tertanggal 29 Februari 2018, yang ditujukan kepada Ketua Umum KONI Kabupaten/Kota se NTT, dengan perihal “Persiapan Porprov NTT 2018”, yang ditandatangani Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh.
Dalam surat yang diperoleh koran ini dari Wasekum KONI NTT Eduart Setty tersebut, ada beberapa poin penting yang ditegaskan oleh KONI NTT, kepada KONI kabupaten/Kota, diantaranya, KONI Kota/Kabupaten dan Pengkot/Pengkab cabang olahraga, dalam mempersiapkan atlet/kontingen supaya berpedoman pada Pedoman Umum tentang PORPROV NTT Tahun 2018 sudah diterima oleh
KONI Kabupaten/Kota saat Rapat Anggota KONI Provinsi NTT tanggal 14 Februari 2018, demikian juga dengan juknis cabang olahraga sudah diterima oleh KONI Kota dan Kabupaten saat Rakornis tanggal 16 Oktober 2017.

Di ajang Porprov nanti, akan di pertandingkan 26 cabang olahraga, dimana cabang olahraga tersebut di bagi dalam 2 (dua) kategori.
Kategori pertama yakni Cabang olahraga wajib yang meliputi cabang olahraga Kempo, Sepak Takraw, Pencak Silat, Futsal, Atletik, Tae Kwon Do, Tarung Derajat, Berkuda, Tinju, Karate, Sepak, Bola Bridge

Kategori kedua adalah Cabang olahraga pilihan yang terdiri dari cabang olahraga Cricket, Catur, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Wushu, Tenis Meja, Bermotor, Yong Moo Do, Tenis Lapangan, Renang, Pentaque, Gate Ball dan Anggar.

Walau sudah ditetapkan dan di bagi dalam dua kategori tersebut, namun KONI NTT dalam surat tersebut juga memastikan bahwa Cabang olahraga yang akan dipertandingkan/diperlombakan dalam PORPROV NTT tetap harus memenuhi syarat, yakni jika organisasi/Pengkot/Pengkab minimal ada di 5 (lima) Kota/Kabupaten dan tidak dalam status demisioner atau belum terbentuk organisasinya. Jika syarat tidak terpenuhi, cabang olahrag yang bersangkutan tetap tidak akan dipertandingkan.

Dalam menentukan cabang olahraga yang akan diikuti, KONI NTT juga meminta KONI Kabupaten/Kota untuk
memperhatikan cabang olahraga prioritas atau unggulan darerah yang diikuti, yang tentunya harus disesuaikan juga dengan alokasi anggaran masing-masing KONI Kabupaten/Kota yang tersedia.
Selain itu, dalam mempersiapkan atletnya, agar KONI Kabupaten/Kota dan juga Pengkab/Pengkot juga harus memperhatikan batas usia yang tercantum dalam masing-masing Juknis cabang olahraga.

Dijelaskan juga dalam surat tersebut, KONI Kota/Kabupaten tidak wajib untuk mengirim atau mengikutsertakan semua cabang olahraga yang dipertandingkan di PORPROV NTT Tahun 2018

Selain itu, KONI Kabupaten/Kota juga diminta untuk mengadakan koordinasi dengan stakeholder yang ada di Kota/Kabupaten dalam rangka dukungan dana dari APBD Kota/Kabupaten, sehingga seluruh Kabupaten KOT bisa berpartisipasi dalam Porprov nanti, dan tidak ada yang absen.
Untuk keperluan penyusunan rencana anggaran baik oleh KONI Provinsi sebagai penyelenggara maupun KONI Kota/Kabupaten sebagai peserta, maka diharapkan KONI Kota/Kabupaten segera memastikan/menetapkan cabang olahraga yang akan diikuti POPRORV NTT Tahun 2018, dan paling lambat tanggal 20 Maret 2018 sudah disampaikan kepada KONI Provinsi.(rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!