KONI NTT Minta KONI Pusat Fasilitasi – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

KONI NTT Minta KONI Pusat Fasilitasi

BERLATIH. Para karateka Timnas Indonesia saat berlatih di Kupang bulan April 2016 lalu.

RUDY MANDALLING/TIMEX

Selesaikan Masalah Intern FORKI NTT

KUPANG,TIMEX – Karate merupakan salah satu dari 26 Cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov NTT) pada 9 September 2018 nanti.
Namun, Cabang karate sendiri terancam batal di pertandingkan di Porprov nanti, karena Pengprov FORKI NTT mengalami kekosongan kepengurusan akibat adanya masalah intern yang terjadi dalam tubuh FORKI NTT, yang berdampak juga ke Pengkot/Pengkap FORKI se NTT.

Untuk menyelesaikan masalah ini, sehingga Karate yang merupakan salah satu dari 12 cabang olahraga wajib, bisa di pertandingkan di Porprov nanti, maka KONI NTT melayangkan surat kepada KONI pusat, untuk memohon bantuan KONI pusat untuk memfasilitasi penyelesaian masalah dalam FORKI NTT.

Dalam surat KONI NTT yang ditandangani Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh tersebut, yang di peroleh koran ini dari Sekretariat KONI NTT, tertanggal 8 Maret 2018, KONI NTT menjabarkan polemik yang terjadi dalam tubuh FORKI NTT.
Dijelaskan dalam surat tersebut,
Pengurus Provinsi FORKI NTT masa bakti 2011-2015 yang dikukuhkan
dengan Surat Keputusan PB. FORKI Nomor : 37/ KPTS/ PB.FORKI/ KU/VI/ 13 tanggal 30 Juni 2013 telah berakhir masa baktinya atau telah demisioner.
Namun, sampai dengan berakhir masa bakti, pengurus lama tidak melaksanakan Musprov untuk memilih pengurus baru, sehingga terjadi kevakuman sampai dengan tahun 2017.
Akibat Kevakuman tersebut, PB. FORKI kemudian menunjuk
Pengurus Sementara FORKI NTT melalui Surat Keputusan Nomor : 35 Tahun 2017 tanggal 31 Mei 2017, dimana pengurus sementara diberi tugas untuk melaksanakan Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) untuk membentuk Pengurus Definitif FORKI NTT masa bakti 2017-2021

Pengurus Sementara FORKI, kemudian melaksanakan Musprovlub tanggal 19 Juni 2017 dan membentuk Pengurus Baru masa bakti 2017-2021 dan selanjutnya hasil Musprovlub dikirim ke KONI Provinsi NTT untuk mendapat Rekomendasi,
sebelum diusulkan ke PB. FORKI

Namun, pelaksanaan dan hasil Musprovlub FORKI NTT yang dilaksanakan oleh Pengurus Sementara yang ditunjuk PB FORKI, ternyata mendapat penolakan dari dua Perguruan Karate Anggota FORKI karena dinilai tidak sesuai AD/ART FORKI, dengan mengirimkan surat protes ke PB. FORKI.
Dua Perguruan yang bersurat ke PB. FORKI Pengda KKI NTT dengan surat: Nomor :10/Pengprov-KKl/NTT/VI/2017 tanggal 21 Juni 2017, dan Nomor :15/Pengprov-KKI/NTT/XI/2017 tanggal 06 November 2017 serta Pengprov INKAI NTT dengan surat Nomor : 26/ lNKAI-NTT/07 /2017 tanggal 21 Juli 2017.
Sayangnya, baik surat KKI maupun surat INKAI NTT tidak mendapat respon dari PB. FORKI dan pelaksanaan Musprovlub sendiri tidak dihadiri perwakilan dari PB. FORKI.

Dijelaskan juga dalam surat tersebut, karena adanya penolakan/protes dari Perguruan Anggota FORKI NTT tersebut, maka KONI NTT hingga saat ini belum memberikan Rekomendasi Susunan Pengurus yang dibentuk berdasarkan hasil Musprovlub FORKI NTT tanggal 19 Juni 2017

KONI NTT sendiri, pada tanggal 9-15 September 2018 nanti, akan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) NTT dan cabang olahraga Karate merupakan salah satu cabang olahraga wajib/prioritas yang diikuti oleh Kota/Kabupaten se-NTT.
Masalah intern organisasi dalam tubuh FORKI NTT tentunya akan berdampak juga kepada organisasi FORKI di Kota/Kabupaten yang sudah habis masa baktinya, dan pengurus baru belum bisa dikukuhkan dan dilantik oleh Pengprov FORKI NTT yang sampai saat ini masih bermasalah dan terjadi kekosongan kepengurusannya.
Dampak lainnya, pembinaan atlet untuk mengikuti Kejurnas Piala Mendagri ke XX/2018 di Palu, sehingga FORKI NTT tidak akan berpartisipasi dan persiapan atlet Karate Kota/Kabupaten menghadapi PORPROV juga akan menemui kendala.
Bahkan Karate terancam batal dipertandingkan pada PORPROV NTT Tahun 2018 yang merupakan ajang
pemilihan atlet untuk ke Pra PON XX/2020

Ditegaskan juga, KONI Provinsi NTT sejauh ini tidak mencampuri atau mengintervensi, sehingga KONI NTT mohon bantuan Pimpinan KONI Pusat dapat memfasilitasi pertemuan PB.FORKI dengan Perguruan Karate dan Pengkot/Pengkab FORKI se-NTT agar masalah yang dihadapi FORKI NTT dapat diselesaikan sesuai dengan AD/ART yang berlaku dalam organisasi KONI maupun FORKI.(rum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!