Timor Express

METRO

1.549 Orang Mati Masih Tercatat di DPS

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

Data Bawaslu dari 10 Kabupaten

KUPANG, TIMEX – Daftar pemilih sementara (DPS) telah diumumkan KPU Provinsi NTT dengan total 3.079.903 pemilih. Namun masih ribuan yang bermasalah.

Berdasarkan rilis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT, Kamis (5/4), terdapat 21.358 pemilih yang sudah dilakukan coklit (pencocokan dan penelitian) namun namanya tidak masuk dalam DPS. Data bermasalah ini ditemukan di 10 kabupaten, yakni Alor, Belu, Manggarai, Sabu Raijua, Malaka, Manggarai Timur, Ngada, Flores Timur dan Manggarai Barat. Data terbanyaknya ada di Kabupaten Manggarai, yakni sebanyak 19.853 pemilih. “Mereka sudah dicoklit tapi ternyata di DPS nama mereka tidak ada,” kata anggota Bawaslu Provinsi NTT, Jemris Fointuna.

Selanjutnya di Manggarai Timur terdapat 1.099 pemilih yang tidak masuk DPS. Masih tersisa 12 kabupaten lain yang masih ditelusuri oleh Bawaslu.

Selain itu, data ganda juga masih banyak ditemukan. Jumlahnya ribuan. Tercatat sebanyak 5.373 pemilih ganda. Jumlah ini tersebar di 10 kabupaten. Paling banyak pemilih ganda ada di Kabupaten Manggarai Timur yakni 2.145. selanjutnya Kabupaten Belu sebanyak 1.645 pemilih. Data janggal lainnya adalah ribuan orang mati masih tercatat di DPS. Tercatat sebanyak 1.549 orang. Tersebar di 10 kabupaten. Paling banyak ada di Kabupaten Ngada sebanyak 378 orang, kemudian Kabupaten Alor sebanyak 292 dan di Kabupaten Flores Timur sebanyak 253 orang.

Jemris menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi NTT agar menindaklanjutinya bersama KPU kabupaten/kota. Dengan demikian data-data bermasalah ini dapat diperbaiki. Jika tidak, tentu akan bermasalah saat hari H pemilihan. “Di masa perbaikan DPS ini harus segera diselesaikan sehingga saat penetapan menjadi DPT nanti tidak ada masalah lagi,” jelas Jemris.

Sebelumnya Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe kepada wartawan mengatakan DPS ini diumumkan kepada masyarakat hingga ke desa-desa. Dan jika ada desa yang tidak mengumumkannya maka bisa diinformasikan kepada KPU Provinsi NTT untuk ditindaklanjuti. Masyarakat juga diimbau untuk mengecek namanya melalui jaringan internet.

Ia menambahkan, data-data yang ada ini akan terus diperbaiki dalam masa perbaikan sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang akan diplenokan secara berjenjang. Oleh karena itu, jika ada kesalahan, bisa dicek dan diperbaiki datanya. “Kita minta peran serta semua pihak untuk mengecek sehingga bias diperbaiki,” kata Maryanti. (sam)

 

Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat di 10 Kabupaten

1. Pemilih yang tidak dikenali: 862
2. Pemilih yang meninggal: 1.549
3. Pemilih yang anggota TNI: 29
4. Pemilih yang anggota Polri: 20
5. Pemilih yang bukan penduduk setempat: 961
6. Pemilih ganda: 5.373
7. Pemilih yang hilang ingatan: 73
8. Pemilih yang masih di bawah umur: 77
9. Pemilih yang pindah domisili: 1.597
10. Pemilih baru: 228
11. Pemilih yang sudah coklit tapi tidak masuk DPS: 21.358

SUMBER: BAWASLU NTT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!