Stikes CHMK Canangkan Gerakan Membaca – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Stikes CHMK Canangkan Gerakan Membaca

KUPANG, TIMEX-Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Citra Husada Mandiri Kupang (CHMK) mencanangkan gerakan membaca 1,5 jam sehari. Ini merupakan implementasi dari program literasi yang sudah dicanangkan kampus ini sebelumnya.

Hal ini dikatakan Ketua Stikes CHMK drg.Jeffrey Jap saat berkunjung ke Graha Pena Timor Express, Jumat (13/4). Jefrey bersama Wakil Ketua III Vinsen Making, dosen dan sekira 50 mahasiswi Prodi Kebidanan.

“Kami berkunjung ke Harian Timor Express karena kunjungan ke media massa sesuai dengan program literasi yang sudah kami jalankan. Di sini kami lebih menekankan pada literasi membaca dan kaitan dengan dunia tulis menulis, terutama di kalangan jurnalis,” kata Jeffrey mengawali diskusi di Lantai II Graha Pena Harian Timor Express itu

Dirinya mengatakan, mahasiswa perlu diberi wawasan akan pentingnya membaca dan menulis. Karena itu, gerakan literasi sudah dicanangkan di kampus Stikes CHMK. Berikut fasilitas penunjang berupa perpustakaan disiapkan oleh kampus. “Tidak hanya menyiapkan buku-buku sesuai kebutuhan, kami juga menyiapkan fasilitas untuk bisa mengakses buku secara online. Ini sesuai perkembangan zaman yang harus kita ikuti,” jelas Jeffrey

Pada kesempatan itu Jeffrey menggugah mahasiswanya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Dirinya bahkan mempertanyakan perpustakaan yang jarang digunakan mahasiswa. Kepada Jeffrey, para mahasiswa menyatakan, mereka terkendala waktu untuk bisa mengakses perpustakaan. “Kita kuliah pagi hingga sore. Istirahatnya cuma satu jam yang kami biasa gunakan untuk makan siang. Sehingga kami kesulitan untuk akses ke perpustakaan,” ujar seorang mahasiswi.

Mendengar itu, Jeffrey menegaskan, perpustakaan bisa diakses hingga pukul 19.00. Selain itu, pihaknya juga akan mempertimbangkan jam kuliah untuk mempertimbangkan waktu bagi mahasiswa mengakses perpustakaan. Untuk itu, dirinya juga akan menugaskan mahasiswa yang sumbernya dari perpustakaan. Hal ini mendapat sambutan positif dari mahasiswa.

Untuk menyukseskan program literasi yang sudah dicanangkan, pada kesempatan itu, Jeffrey mencanangkan gerakan membaca minimal 1,5 jam dalam sehari. “Setelah kami mempelajari kebiasaan mahasiswa dan disesuaikan dengan kebutuhan, maka kami sepakati ada gerakan membaca minimal 1,5 jam dalam sehari,” ujar Jeffrey disambut meriah mahasiswa.

Pemimpin Redaksi Harian Timor Express Kristo Embu pada kesempatan itumenyambut positif program literasi dan gerakan membaca 1,5 jam dalam sehari yang dicanangkan Stikes CHMK. “Ini program dan gerakan yang sangat positif dari sebuah lembaga pendidikan tinggi. Karena eksistensi seorang mahasiswa dilihat dari seberapa banyak dia membaca,” ujar Kristo.

Mengenai gerakan membaca 1,5 per hari ini, Kristo mengatakan, itu lebih baik dari rata-rata secara nasional lama membaca orang Indonesia. “Sesuai penelitian yang dilakukan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, bahwa lama membaca orang Indonesia dalam sehari berkisar dari 30 menit sampai 59 menit. “Artinya orang Indonesia membaca tidak sampai satu jam dalam sehari. Jika mahasiswa Stikes CHMK membaca 1,5 jam dalam sehari maka akan jauh lebih maju,” ujar Kristo.(dek/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!