333 Warga Lapas Belum Terdata – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

333 Warga Lapas Belum Terdata

KUPANG, TIMEX-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT masih menemukan sejumlah masalah terkait data pemilih untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi NTT 2018.
Jika sebelumnya Bawaslu NTT menemukan ratusan orang dengan gangguan kejiwaan masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS), kali ini justru berbeda. Setidaknya ada 333 orang warga binaan Lapas Kupang tidak masuk dalam DPS.

“Ini karena mereka belum ada NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NKK (Nomor Kartu Keluarga),” kata Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express, Senin (16/4).
Hingga saat ini, kata Jemris, pihaknya sedang berkoordinasi dengan KPU, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUkcapil) dan Kanwil Kemenkumham NTT untuk mencari solusi atas temuan tersebut.

Sementara terkait beberapa temuan sebelumnya, Jemris akui, KPU melalui PPS hingga PPK sudah mengakomodir sebagian rekomendasi tersebut dan memperbaikinya.
Terkait temuan ratusan DPS yang merupakan orang dengan gangguan kejiwaan di beberapa daerah, Jemris akui, belum bisa diakomodir. Pasalnya, di dalam PKPU diharuskan ada keterangan dari dokter tentang kejiwaan yang bersangkutan. “Menurut PKPU, harus ada keterangan dokter baru bisa coret,” tutupnya.

Sebelumnya, Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli menjelaskan, proses rekap data pemilih hasil perbaikan masih di tingkat kecamatan yang dilakukan oleh PPK. Selanjutnya, pada 18-19 April akan dilakukan pleno penetapan DPT di tingkat kabupaten/kota dan dilanjutkan ke tingkat provinsi pada 20-21 April. (cel/sam)

 

DATA PEMILIH BERMASALAH

– Pemilih berkelainan jiwa: 351
– Pemilih baru: 33.341
– Pemilih pindah domisili: 10.825
– Pemilih yang dicoklit tapi tidak masuk DPS: 36.160
– Pemilih di bawah umur: 273
– Data pemilih ganda: 13.963
– Pemilih meninggal: 4.964

SUMBER: BAWASLU NTT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!