Administratif atau Pidana? – Timor Express

Timor Express

METRO

Administratif atau Pidana?

Hari Ini Penentuan Nasib Litelnoni
Bawaslu NTT Serahkan ke Panwas TTS

SOE, TIMEX-Hari ini, Selasa (17/4), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten TTS mengambil keputusan terkait penggunaan mobil dinas DH 5 oleh calon Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni. Hanya ada dua pilihan, sanksi administratif atau pidana.

Panwas TTS juga takkan lagi memanggil Benny Litelnoni untuk menyampaikan klarifikasi. Ia sebelumnya sudah dipanggil namun berhalangan hadir, Jumat (13/4) lalu. Benny mengutus perwakilan, namun tak diperiksa Panwas. Dan tak ada lagi panggilan kedua.

Panwas bahkan sudah menjadwalkan hari ini membuat kesimpulan dan mengeluarkan rekomendasi terhadap persoalan tersebut.

Ketua Panwas Kabupaten TTS, Melky Fay di ruang kerjanya, Senin (16/4) mengatakan dalam penyelidikan dugaan pelanggaran pemilu, Panwas diberi deadline lima hari. Pihaknya melakukan penyelidikan kemudian membuat kesimpulan dan rekomendasi. “Kami dikasih waktu hanya lima hari untuk membuat rekomendasi. Jika dalam waktu lima hari tidak ada rekomendasi, maka laporan tersebut akan gugur dengan sendirinya,” ujar Melky didampingi Demetris Pitai selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Pemilu.

Melky mengatakan dalam perkara ini pihaknya telah melakukan klarifikasi terhadap Panwascam Kuanfatu dan sopir mobil naas itu atas nama Rudi Maunino. Selain itu, sudah dilakukan klarifikasi langsung ke Biro Umum Setda Provinsi NTT dan mengambil data-data terkait mobil dinas DH 5 tersebut. Selanjutnya, Panwas melakukan rapat bersama dengan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk membuat kesimpulan dan rekomendasi terkait dugaan pelanggaran pemilu tersebut. “Dari Kesimpulan tersebut kita akan membuat rekomendasi terkait dugaan pelanggaran Pemilu tersebut. Kalau pelanggarannya bersifat administrasi akan direkomendasikan kepada Bawaslu NTT, sedangkan kalau pelanggarannya menyangkut masalah pidana akan direkomendasikan ke Polres TTS,” tegas Melky.

Sementara itu, Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna yang dikonfirmasi koran ini menegaskan, Bawaslu NTT memberikan kewenangan penuh kepada Panwaslu TTS untuk menangani kasus tersebut. “(Panwaslu) TTS yang tangani. Belum tahu (keputusan) karena tergantung hasil pleno Panwaslu TTS. Semua proses di TTS, kami tidak campuri,” tandas Jemris. (yop/cel/sam)

Demokrat: Harmoni akan Beri Klarifikasi

Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi NTT mengakui terbakarnya mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi calon Wakil Gubernur Benny Litelnoni dari Paket Harmoni adalah musibah. Bahkan di luar dari rencana.

Namun Tim Koalisi Paket Harmoni bersyukur, peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau cedera dari tim yang ikut dalam rombongan yang berkampanye di Desa Kakan, Kabupaten TTS itu.

“Kami bersyukur karena Pak Benny dan tim selamat dari musibah,” kata Ketua Fraksi Demokrat DPRD NTT, Winston Rondo kepada Timor Express di ruang fraksi tersebut, Senin (16/4).
Dijelaskan, setelah kejadian tersebut, pihaknya saling berkoordinasi di dalam lingkup koalisi. Apa yang mereka ketahui sama dengan yang disampaikan Kepala Biro Umum Setda NTT, Zakarias Moruk tentang status mobil yang terbakar tersebut.

Dan, Winston menyerahkan sepenuhnya pada proses regulasi. Pihaknya juga telah mengetahui adanya panggilan dari Panwaslu TTS terhadap Benny Litelnoni. Sayang, yang bersangkutan sedang melakukan kampanye di daratan Sumba, yakni Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah.

Menurut Winston, tidak ada niat dari pihaknya untuk mangkir dari panggilan. “Prinsipnya adalah Paket Harmoni taat hukum dan pasti akan memenuhi panggilan dari Bawaslu. Menunjukkan fakta dan bukti, sehingga kami berharap publik dan masyarakat memahami. Mari kita serahkan ke regulasi. Juga berkaitan dengan tugas dari Bawaslu. Pasti kami menyesuaikan waktu dan Paket Harmoni akan melakukan klarifikasi sebagaimana diperlukan,” papar dia. “Kami juga berterima kasih atas kritik dari media massa karena ini untuk menyadarkan kami untuk lebih hati-hati ke depan,” tutupnya. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!