Pemkot Lelang Mobil Dinas – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pemkot Lelang Mobil Dinas

MARTEN LADO/TIMEXX

Mobil Lurah Segera Diundi

BKAD Kaji Kesanggupan Daerah Mengganti 

KUPANG, TIMEX – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tahun ini mengalokasikan anggaran untuk pelelangan kendaraan dinas yang sudah lewat masa umur teknis pemakaian.

Pelelangan disesuaikan dengan kemampuan daerah untuk menggantikan kendaraan yang dilelang, dan akan diserahkan ke kantor lelang negara.

“Kita harus melihat antara tahapan waktu lelang dan penggantian kendaraan. Jangan sampai menimbulkan menurunnya kinerja yang mobilnya dilelang,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kupang, Jefri Pelt, saat diwawancarai di Kantor DPRD Kota Kupang, Senin (16/4).

Jefri mencontohkan, ketika pihaknya melelang kendaraan tahun 2018, sementara kemampuan daerah menggantikannya pada tahun 2019, maka akan mengganggu pelaksanaan tugas.

Untuk itu, lanjut dia, yang perlu diperhatikan dalam melelang mobil dinas yaitu harus memenuhi unsur teknis dan administrasi, termasuk memperhatikan tupoksi agar jangan mengakibatkan tugas pelayanan publik menjadi terbengkalai.

“Kalau untuk kesiapan dokumen sendiri, BKAD sudah siap dan sudah dikoordinasikan dengan kantor lelang negara dan pada prinsipnya mereka siap,” sebut Jefri.

Untuk biaya lelang kata dia, juga sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 100 juta.

Untuk melakukan pelelangan, Jefri katakan aturannya adalah harus mengumumkan di media cetak lokal selama lima kali berturut-turut, dan menyiapkan seluruh biaya lelang yang sudah masuk di tahun anggaran 2018.

Kendaraan yang dilelang yaitu kendaraan yang sudah melewati masa pemakaian selama tujuh tahun.

Dan kebanyakan kendaraan yang mau dilelang yaitu kendaraan merek Suzuki APV, Toyota Avanza dan beberapa mobil Daihatsu Espass.

Sementara itu, tahun 2017 ada 14 kendaraan yang siap untuk dilelang dan untuk tahun 2018 masih dalam penelitian.

Terkait pembagian kendaraan bagi para lurah, Jefri mengaku jumlah mobil yang ada tidak sesuai dengan jumlah lurah yang ada, yaitu sebanyak 51 lurah di Kota Kupang.

Untuk itu kata Jefri, pembagian mobil ini harus menggunakan sistem undi atau menarik lotre.

“Kami masih melakukan beberapa pertimbangan yang sementara kita kaji. Untuk memenuhi 51 mobil untuk 51 kelurahan merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Memang permintaan Wali Kota yaitu mobil yang ada yang masih layak digunakan sebelum lelang dibagikan saja ke lurah,” katanya.

Ia mengaku telah membahas hal ini dengan Wali Kota Kupang, namun kondisinya belum memungkinkan. ”Secara serempak mengadakan 51 mobil memang tidak bisa,” jalasnya.

Sementara mobil yang ada hanya sekitar belasan mobil. “Jika dipakai karena kriteria tertentu maka tentu akan menimbulkan kecemburuan dan lainnya. Kami menjaga agar semua adil dan berjalan sesuai aturan,” terang Jefri. (mg25/joo)

 

GRAFIS

Lelang Mobil Dinas di Pemkot

Tahun 2017 : 14 Unit.

Tahun 2018 : Masih penelitian.

Biaya Lelang : Rp 100 juta.

Merek Mobil: Suzuki APV, Toyota Avanza dan Daihatsu Espass.

Pembagian mobil ke lurah dengan cara diundi.

Sumber: BKAD Kota Kupang

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!