DPT Kabupaten Kupang 205.107 Orang – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

DPT Kabupaten Kupang 205.107 Orang

4.002 Warga Belum Masuk DPT

 Hans Louk

Hans Ch Louk

Migel Nitbani

Migel Nitbani

OELAMASI, TIMEX – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan serentak gubernur dan wakil gubernur NTT serta bupati dan wakil bupati Kupang, Kamis (19/4).

Rapat dipimpin Ketua KPU, Hans Ch Louk didampingi Migel Nitbani, Imanuel Ballo, Octoviannus La’a dan Elyaser Lomi Rihi.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk saat rapat pleno penetapan DPT menguraikan, DPT untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT serta pemilihan bupati dan wakil bupati Kupang bertambah sebanyak 46.480 orang, dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS).

“DPT hasil pleno KPU Kabupaten Kupang sebanyak 205.107 orang. Sedangkan DPS sebanyak 158.627 orang. Walau begitu masih ada 4.002 warga Kabupaten Kupang yang memiliki hak pilih tapi belum terakomodir dalam DPT,” beber Hans.

Dikatakan, terjadinya perubahan data pemilih dari DPS ke DPT karena setelah dilakukan pengumuman di kelurahan dan desa, banyak warga yang proaktif mempertanyakan nama mereka yang belum diakomodir. Setelah dilakukan pemeriksaan secara detail, persoalannya ada di nomor induk kependudukan (NIK) maupun nomor induk kartu keluarga (KK).

“Setelah diteliti menemukan tambahan jumlah pemilih sebanyak 46.480 orang,” katanya.

Menurut Hans, persoalan data pemilih selalu menjadi masalah saat diselenggarakan hajatan politik berupa pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pemilihan anggota legislatif di semua tingkatan. Hal ini mengindikasikan, sistem administrasi kependudukan di Indonesia belum terintegrasi secara baik dengan sistem pemilu.

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Kupang, Migel Nitbani merincikan, jumlah DPT pilkada tahun 2013 di Kabupaten Kupang sebanyak 199.337 orang pemilih. Sedangkan DPT pilkada Kabupaten Kupang tahun 2018 mencapai 205.107 orang pemilih. Dengan demikian, terjadi penambahan jumlah pemilih sebanyak 105.770 orang.  (ays)

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!