Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo

Survei Cyrus Network

JAKARTA, TIMEX – Hasil survei Cyrus Network terkait elektabilitas kandidat capres di Pilpres 2019 menunjukkan Jokowi masih berada di posisi teratas.
Elektabilitas Jokowi masih yang tertinggi, mencapai 58,5 persen. Urutan kedua dari hasil survei ini ditempati nama Prabowo Subianto dengan elektabilitas 21,8 persen.

“Dari hasil survei ini dapat disimpulkan masyarakat yang berharap ada kejutan di Pilpres 2019 sepertinya masih harus bersabar. Karena hingga saat ini masih belum terlihat ada calon alternatif yang menjadi lawan tangguh Jokowi,” ujar Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto saat merilis hasil survei d Bilangan Cikini, Jakarta, Kamis (19/4).
Menurut Eko, dalam survei Cyrus mencoba memunculkan 20 nama sebagai kandidat capres. Namun elektabilitas 18 nama lain selisihnya sangat jauh.

Misalnya mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, elektabilitasnya hanya dua persen. Disusul Harry Tanoesoedibjo (1,1 persen), Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (0,7 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (0,4 persen) Muhaimin Iskandar (0,3 persen), Mahfud MD dan Anies Baswedan (0,3 persen). “Karena itu kami menyimpulkan di benak responden itu calon presiden sejauh ini hanya berkutat dua nama. Jokowi dan Prabowo. Selisihnya memang cukup jauh, tapi Prabowo masih satu-satunya penantang terkuat Jokowi,” ucapnya.

Eko menambahkan, berita-berita tentang kesiapan dan safari politik yang dilakukan Gatot selama ini ternyata belum bisa menggeser pilihan responden oposisi dari Prabowo. Begitu juga dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, juga mengalami hal yang sama.
“Padahal Anies disebut-sebut sebagai darah baru pembawa angin segar di bursa calon presiden, yang diharapkan mampu memecah dominasi Jokowi dan Prabowo.

Survei Cyrus Network dilaksanakan pada 27 Maret hingga 3 April. Jumlah responden mencapai 1.230 orang yang tersebar pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi.
Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3 persen. (gir/jpnn/sam)

 

 

HASIL SURVEI CYRUS NETWORK

Calon Presiden

Joko Widodo: 58,5 persen
Prabowo Subianto: 21,8 persen
Gatot Nurmantyo: 2 persen
Harry Tanoesoedibjo: 1,1 persen
TGB Zainul Majdi: 0,7 persen
AHY: 0,4 persen
Muhaimin Iskandar: 0,3 persen
Mahfud MD: 0,3 persen
Anies Baswedan: 0,3 persen

Calon Wakil Presiden:

AHY: 15 persen
Gatot Nurmantyo: 10 persen
Prabowo Subianto: 9,1 persen
Anies Baswedan: 9,1 persen
Hary Tanoesoedibjo: 8,8 persen
Susi Pudjiastuti: 4,9 persen
Mahfud MD: 4,8 persen
Sri Mulyani: 4 persen
Soekarwo: 2,9 persen
Puan Maharani: 2,8 persen
Muhaimin Iskandar: 2,6 persen
TGB Zainul Majdi: 2 persen
Ahmad Heryawan: 2 persen
Tito Karnavian: 1,1 persen
Chairul Tanjung: 1,1 persen

Survei dilaksanakan pada 27 Maret hingga 3 April. Jumlah responden 1.230 orang yang tersebar pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3 persen.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!