NTT Usul 1.320 Formasi CPNS – Timor Express

Timor Express

METRO

NTT Usul 1.320 Formasi CPNS

ILUSTRASI/GRAFIS: MARTEN LADO, CECHO HUN/TIMEX

Perekrutan Usai Pilkada

KUPANG, TIMEX-Ini kesempatan untuk para pencari kerja di NTT. Pemerintah Provinsi NTT telah mengusulkan 1.320 formasi CPNS tahun ini. Namun, pengumuman dan pendaftaran dilakukan usai pilkada.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Benediktus Polo Maing yang diwawancarai Timor Express, Kamis (19/4) di Gedung DPRD NTT mengakui, saat ini pemerintah Provinsi NTT masih membutuhkan tambahan PNS atau ASN. “Kita sudah pernah usul ke pusat,” kata Ben Polo Maing usai rapat di Ruang Kelimutu gedung tersebut. Selain karena banyak PNS yang pensiun, pemprov NTT juga memiliki sejumlah alasan.

Dia menjelaskan, dalam surat usulan yang ditandatangani Gubernur NTT, Frans Lebu Raya itu disebutkan, kebutuhan PNS tahun 2018 sebanyak 1.320 orang dan didominasi tenaga guru. Rinciannya, guru 1.122 orang, diikuti tenaga teknis sebanyak 143 orang dan tenaga kesehatan 55 orang.

Dalam surat tertanggal 24 Januari 2018 dengan Nomor: BKD.013.1/I/050/PP-PF/2018 itu, gubernur menyampaikan sejumlah alasan. Selain sebagai perwujudan tujuan negara, juga mempertimbangkan luas wilayah dan jumlah penduduk di NTT. Saat ini, NTT yang terdiri dari 1.192 pulau memiliki penduduk lebih dari 5,3 juta jiwa.

Disebutkan juga, APBD NTT tahun 2018 sebesar Rp 4,8 triliun dengan belanja pegawai sebesar Rp 1,3 triliun atau sebesar 27,43 persen dari APBD 2018 untuk membiayai 15.241 PNS.

Saat ini PNS pada Pemprov NTT sebanyak 15.241 orang, yakni terbanyak pejabat fungsional tertentu sebanyak 7.772 orang. Diikuti pelaksana 6.280 orang, pengawas 834 orang, administrator 302, pejabat pimpinan tinggi pratama 52 orang serta pejabat tinggi madya satu orang.

Dalam surat tersebut disebutkan jumlah perangkat daerah lingkup Pemprov NTT, yakni tiga staf ahli dan tiga asisten serta sembilan biro pada Sekretariat Daerah (Setda). Selanjutnya, satu pejabat sekretariat DPRD, satu inspektorat daerah, 27 dinas daerah, 11 badan daerah dan 85 unit pelaksana teknis dinas dan badan.
Alasan lainnya, yakni selain kondisi geografis NTT yang terdiri dari pulau-pulau, NTT juga berbatasan dengan dua negara, yakni Timor Leste dan Australia. Sehingga membutuhkan SDM aparatur yang handal dan siap mengabdi.

Formasi Ditetapkan Mei

Jadwal pendaftaran CPNS 2018 hingga saat ini belum ditetapkan. Namun, dipastikan bahwa pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka setelah penetapan formasi.
Formasi CPNS jalur umum sendiri akan ditetapkan Mei mendatang. Yang duluan ditetapkan adalah instansi pusat dan beberapa pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pemerintah sudah menetapkan formasi CPNS lewat jalur ikatan dinas. Ada delapan sekolah ikatan dinas yang sudah mendapatkan formasi.

Untuk jalur umum, menurut Bima, formasi ditetapkan mulai ditetapkan Mei. Sebab, usai Pilkada serentak 27 Juni 2018, langsung masuk tahapan pengumuman dan pendaftaran. “Penetapan formasi ini bertahap tergantung instansi yang berkasnya lebih dulu dianalisa jabatan dan beban kerja,” ujar Bima kepada JPNN, Rabu (18/4).

Banyaknya instansi daerah yang mengusulkan tambahan formasi CPNS baru, membuat pemerintah membutuhkan waktu lebih panjang. Sedangkan instansi pusat, relatif lebih mudah koordinasinya. “Yang ditetapkan duluan formasi instansi pusat, kemudian instansi daerah,” ucapnya. Untuk formasi CPNS 2018 yang diutamakan adalah tenaga pendidik, kesehatan, dan infrastruktur.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengungkapkan, akan ada rekrutmen CPNS tahun ini. Usulan MenPAN-RB kepada Menteri Keuangan sebanyak 220 ribu sesuai jumlah PNS yang pensiun. Dari jumlah itu 70 persennya atau 154 ribu jalur umum, sisanya untuk formasi khusus. (cel/esy/jpnn/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!