Kuatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Kuatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Alo Min

Peringati Hardiknas di NTT

Alo Min

Alo Min

KUPANG,TIMEX—Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei mendatang, Dinas Pendidikan Provinsi NTT bekerja sama dengan BP PAUD dan Dikmas, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), kantor bahasa dan Dinas Kebudayaan menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan semua sekolah di NTT.

Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan, merupakan tema besar Hardiknas yang diturunkan langsung dari pusat. Tema ini berarti anak-anak bukan hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter baik yang mengedepankan nilai-nilai budaya Indonesia. Mulai dari keluarga, masyarakat dan sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Alo Min selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Hardiknas 2018, mengatakan, pihaknya telah merancangkan berbagai kegiatan, yaitu lomba drum band yang akan dimulai pada Senin (23/4). Lomba ini diikuti sekolah-sekolah di Kota Kupang mulai dari SMP, SMA dan SMK.

“Lomba ini akan star dari rumah jabatan Gubernur NTT dan berakhir di halaman kantor Dinas Pendidikan Provinsi. Yang mengkoordinir lomba ini yaitu Kantor Bahasa dan LPMP,” katanya saat diwawancarai Timor Express, Jumat (20/4) di ruang kerjanya.

Selain itu, ada basar buku yang dikoordinir oleh Kantor Bahasa, bertempat di Dinas Kebudayaan Provinsi NTT di UPT Taman Budaya Gerson Poyk. Selanjutnya ada jalan sehat pada Jumat (28/4), start mulai dari rumah jabatan Gubernur NTT menuju Jalan El Tari, Jalan Soeharto, Amabi, ke Jalan W.J.Lalamentik dan kembali ke rumah jabatan gubernur. Yang mengkoordinir kegiatan ini adalah BP PAUD dan Dikmas NTT.

“Ada berbagai doorprice juga yang disiapkan untuk peserta. Dan ditargetkan jalan sehat ini akan diikuti 5000 peserta mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA dan SMK juga kelompok masyarakat lainnya,” terangnya.

Kegiatan lainnya, lanjut Alo, yakni Gebyar SMK, mulai Senin sampai Sabtu (23-29/4). Gebyar SMK, yakni semua SMK menunjukkan kemampuan sesuai jurusannya masing-masing. “Kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain kegiatan-kegiatan tersebut, akan digelar upacara memperingati Hardiknas pada Rabu (2/5) yang akan digelar di alun-alun rumah jabatan gubernur. Ditargetkan upacara ini akan diikuti 3000 peserta.

“Kita ingin agar semua anak sekolah menyadari bahwa Hardiknas untuk membangkitkan semangat belajar, juga bagi masyarakat untuk menyadari bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Upacara ini melibatkan berbagai unsur mulai dari aparat kepolisian, Pol PP, Biro Umum, Biro Kesra juga dari sekolah-sekolah,” katanya.

Dia berharap, memperingati Hardiknas 2018 isu yang ingin ditonjolkan yaitu literasi yang berkaitan dengan permasalahan mutu pendidikan di NTT yang sampai sekarang masih menjadi pergumulan bersama. Dimana guru-guru dituntut untuk bisa menulis. “Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan literasi yaitu basar buku. Tujuannya untuk mendorong semua masyarakat, guru juga siswa-siswi untuk membaca, setelah membaca mereka juga didorong untuk bisa menulis. Mari semua mendorong kembali agar literasi jangan hanya sekadar bicara tetapi bisa mengimplementasikan. Mari kita membaca dan melatih menulis,” harapnya. (mg25//cel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!