12.336 Peserta Berebut 3.360 Kursi – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

12.336 Peserta Berebut 3.360 Kursi

PIMPIN RAPAT.Rektor Undana Kupang, Prof. Fred Benu memimpin rapat persiapan jelang ujian SBMPTN di Undana, Kamis (3/5).

HUMAS UNDANA FOR TIMEX

SBMPTN di Undana Kupang
Rektor: Pengawas Jangan Terlambat Pantau Ujian

KUPANG, TIMEX-Sebanyak 12.336 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2018 di Universitas Nusa Cendana (Undana) akan memperebutkan 3.360 kursi yang disediakan Undana. Ujian dilakukan secara tertulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis computer (UTBC) yang akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, Selasa (8/5).

“Jadi seleksi masuk Undana tahun ini sangat ketat, karena jumlah peserta kali ini meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 11.627 orang. Sementara yang diterima sangat sedikit” ujar Rektor Undana, Prof. Fred Benu saat memimpin rapat pengawasan teknis pelaksanaan SBMPTN yang diikuti dosen, pegawai Undana dan guru SMA/SMK serta beberapa SMPN mitra se-Kota Kupang di ruang aula lantai tiga Undana Penfui, Kamis (3/5)

Prof.Fred Benu pada kesempatan itu menegaskan, pengawas yang terdiri dari dosen dan pegawai Undana, juga para guru sekolah mitra SMA/SMK/SMP se-Kota Kupang yang dipercayakan Panitia Lokal (Panlok) 66 Kupang SBMPTN jangan terlambat pantau ujian. Karena para pengawas tersebut dipercayakan panitia untuk memantau ujian SBMPTN. “Para pengawas, khususnya yang memantau seleksi mahasiswa baru Undana tidak diperbolehkan datang terlambat saat ujian berlangsung, karena akan berpengaruh pada hasil seleksi nanti,” tandas Rektor, Fred Benu yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Simon Sabon Ola.

Rektor Undana dua periode itu mengatakan, seleksi SBMPTN di Undana sama dengan yang berlaku di perguruan tinggi negeri nasional lainnya di Indonesia secara ketat dan hasilnya. Hasilnya akan diumumkan 3 Juli 2018 melalui laman http://sbmptn.ac.id atau melalui http://halo.sbmptn.ac.id. “SBMPTN 2018 adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian dan ujian keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Selain Undana, Universitas Timor (Unimor) di Kefa juga masuk di dalam Panlok 66 Kupang yang juga menerima mahasiswa baru dan seleksi masuk dengan mekanisme yang sama,” katanya.
“Calon mahasiswa Undana sebanyak 3.360 yang akan diterima itu akan tersebar di sebelas fakultas yakni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Sains dan Teknik (FST), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),” sebutnya.
Sementara Humas Undana, David Sir menjelaskan, sesuai data yang diperoleh dari panitia pendaftaran pada akhir penutupan tanggal 27 April 2018, tercatat 12.336 orang Siswa SMA/SMK/MA tahun 2016, 2017 dan 2018 yang secara resmi mendaftar masuk Undana sebagai calon mahasiswa baru. David rincikan, Saintek 3.203 orang, Soshum 3.881 orang dan Campuran 5.252 orang, dan CBT 165 orang.

Selain Undana, kata dia, Universitas Timor (Unimor) di TTU Kefamenanu juga masuk dalam Panitia Lokal (Panlok) 66 Kupang yang telah menerima mahasiswa baru dengan rincian, Sainstek 474 orang, Soshum 461 orang dan Campuran sebanyak 1000 orang, dan CBT 40 orang. “Jadi jumlah peserta SBMPTN Undana dan Unimor Kefa yang akan mengikuti seleksi nasional secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 8 Mei 2018 sebanyak 14.271 orang. Dengan jenis tes meliputi tes kemampuan dasar saintek (TKD Saintek), tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) dan tes kemampuan dasar soshum (TKD Soshum).

David jelaskan, ruangan yang dipakai dalam tes dimaksud sebanyak 617 ruang kelas terdiri dari seluruh ruang kuliah di Undana, ruang kelas SMAN 4, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, SMAN 5, SMAN 7, SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 5. Seleksi tersebut akan melibatkan 1.234 orang pegawas, selain dosen dan pegawai Undana, juga guru-guru pada sekolah mitra tersebut.(*/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!