MA Tolak Kasasi MDT – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

MA Tolak Kasasi MDT

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

Salinan Putusan segera Dikeluarkan

JAKARTA, TIMEX – Terdakwa kasus dugaan korupsi dana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Marthen Luther Dira Tome menerima kenyataan pahit. Pasalnya, kasasinya ditolak Mahkamah Agung.

Upaya hukum kasasi ini sudah ditempuh sejak 13 Februari 2018. MA sudah mengeluarkan putusan sejak April 2018 lalu. Hakim MA yang mengeluarkan putusan adalah Prof. Dr.

Krisna Harahap, SH, HM selaku ketua majelis didampingi hakim anggota H. Syamsul Rakan Chaniago, SH, MH, dan Dr. Artidjo Alkostar, SH, LLM didampingi Panitera Pengganti (PP) Maruli Tumpal Sirait, SH, HM. Mereka memutuskan menolak kasasi terdakwa Marthen Luther Dira Tome alias Marthen Dira Tome yang diajukan penasihat hukumnya.

Majelis hakim sebaliknya mengabulkan kasasi Penuntut Umum KPK RI.

Sidang putusan perkara kasasi Marthen Luther Dira Tome melawan KPK RI ini digelar majelis hakim MA RI pada 18 April 2018 lalu. Selanjutnya, dalam waktu dekat MA mengeluarkan salinan putusan perkara kasasi tersebut dan dikirim ke PN Surabaya. Besar kecilnya hukuman dalam putusan MA tersebut baru akan diketahui melalui salinan putusan yang nanti segera dikeluarkan.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA RI, Dr. Abdullah yang dikonfirmasi koran ini Senin (7/5) di kantornya menjelaskan berdasarkan website MA RI, berkas perkara kasasi antara terdakwa Marthen Luther Dira Tome alias Marthen Dira Tome melawan KPK RI sudah dikirim ke MA RI sejak Februari 2018 lalu oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dengan nomor register: 432 K/PID.SUS/2018.

“Nomor perkara tingkat pertama antara terdakwa Marthen Luther Dira Tome alias Marthen Dira Tome melawan KPK RI adalah 47/Pid.Sus/TPK/2017/PN.Sby, dengan nomor surat pengantar W14.U1/683/HK.07/01/2018 dan jenis permohonan kasasi untuk perkara pidana khusus yakni korupsi,” jelas Abdullah.

Menurut dia, untuk perkara di tingkat kasasi tersebut, baik Penuntut Umum KPK RI maupun terdakwa Marthen Luther Dira Tome alias Marthen Dira Tome sama-sama mengajukan kasasi. Disebutkan, status perkara itu sudah diputus pada 18 April 2018 lalu. “Amar putusan, majelis hakim MA RI menolak permohonan kasasi dari terdakwa Marthen Luther Dira Tome alias Marthen Dira Tome,” kata Abdullah.

Selanjutnya majelis hakim menerima permohonan kasasi Penuntut Umum KPK RI. Karena sudah diputus, maka selanjutnya MA RI tinggal mengirim salinan putusan untuk vonis kasasi ini ke PN pengaju berkas perkara kasasi ini. “Dan yang pasti, salinan putusan akan di-upload ke website MA RI,” ujar Abdullah.

Sementara itu penasehat hukum MDT, Johanis Rihi yang dikonfirmasi koran ini kemarin terkait putusan kasasi tersebut tidak memberikan jawaban. Dihubungi berulang kali melalui telepon selulernya JR -demikian sapaan Johanis Rihi- tidak memberikan jawaban.

Sementara KPK juga belum memberi pernyataan mengenai putusan MA perkara MDT tersebut. Hingga malam tadi pukul 21.00 WIB, koran ini hendak mengkonfiormasi Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK namun belum berhasil. Febri belum bisa dikonfirmasi. (gat/fmc/sam)

 

KASUS DUGAAN KORUPSI DANA PLS TAHUN 2007

Tuntutan KPK:
– 12 tahun penjara
– Denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan
– Uang pengganti Rp 3,735 miliar subsider 5 tahun penjara

Putusan Pengadilan Tipikor Surabaya:
– 3 tahun penjara
– Denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan
– Membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 1.515.000.000
– Apabila tidak dibayar hingga putusan berkekuatan hukum tetap (incrah) maka diganti dengan hukuman 3 tahun penjara

Putusan Banding:
– Penjara 3 tahun
– Denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan

Putusan Kasas: Belum dirilis MA

Kerugian Negara:
– Total proyek PLS: Rp 77.675.354.000
– Kerugian negara: Rp 4.292.378.200

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!