4.232 Calon Mahasiswa Ikut SBMPTN – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

4.232 Calon Mahasiswa Ikut SBMPTN

UJIAN. Peserta SBMPTN berbasis komputer sementara mengerjakan soal, Selasa (8/5).

PETRUS USBOKO/TIMEX

 Unimor Terapkan Pola UTBK dan UTKP

KEFAMENANU, TIMEX – Sebanyak 4.232 calon mahasiswa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Selasa (8/5).

Pelaksanaan SBMPTN berlangsung di sepuluh lokasi yakni kampus Unimor dan sejumlah sekolah yang berada di dalam Kota Kefamenanu.

Peserta yang mengikuti SBMPTN berbasis komputer sebanyak 40 orang yang terbagi dalam dua ruangan. Sedangkan peserta yang mengikuti SBMPTN berbasis kertas pensil sebanyak 4.192 orang.

Informasi yang dirampung Timor Express menyebutkan, peserta SBMPTN kali ini berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Tahun ini peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya, sehingga lokasi ujian yang digunakan bertambah dari tujuh menjadi sepuluh.

Panitia pelaksana SBMPTN, Arnoldus Bere Klau kepada Timor Express, Selasa (8/5) mengatakan, terdapat dua pola ujian yang digunakan Universitas Timor yakni ujian tes berbasis komputer (UTBK) dan ujian tes berbasis kertas pensil (UTKP).

Dikatakan, peserta yang mengikuti SBMPTN sebanyak 4.232 orang yang berasal dari Kabupaten TTU, Belu, Malaka, TTS bahkan ada peserta yang datang dari daratan Flores.

“Peserta SBMPTN tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kali ini peserta datang dari berbagai daerah selain empat kabupaten yang berada dekat dengan kampus Unimor,” kata Arnoldus.

Ia menjelaskan, SBMPTN dilakukan dalam tiga sesi yaitu sesi pertama tes kemampuan dan potensi akademik, sesi kedua tes kemampuan sains dan teknologi sedangkan sesi ketiga tes kemampuan dasar sosial dan humaniora.

Ditambahkan, hasil SBMPTN nantinya akan diserahkan kepada Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang yang nantinya dilanjutkan ke Surabaya untuk diperiksa oleh Kemenristek. Hasil akan diumumkan, Selasa (3/7).

Sementara, Rektor Unimor, Sirilius Seran ketika dikonfirmasi Timor Express mengatakan, peserta SBMPTN kali ini di dominasi oleh program studi Teknik Informatika disusul program studi Ekonomi Manajemen dan yang paling sedikit diminati program studi Pendidikan Matematika.

Dikatakan, meski terdapat empat program studi baru seperti yang tergabung dalam Fakultas Sains dan Teknologi, namun minat calon mahasiswa baru lebih banyak memilih program studi tersebut.

“Peserta yang mengikuti SBMPTN lebih banyak memilih program studi Teknik Informatika,” ungkap Sirilius.

Diketahui, Universitas Timor saat ini telah memiliki lima fakultas yakni, FKIP, Fisipol, Fakultas Ekonomi, Faperta serta Fakultas Sains dan Teknologi dan terdapat 15 program studi yang tergabung dalam lima fakultas. (mg26/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!