5 Calon Bertarung jadi Ketua Inkindo NTT – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

5 Calon Bertarung jadi Ketua Inkindo NTT

Musprov Inkindo NTT ke-IX

KUPANG, TIMEX – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Provinsi NTT, Sabtu (12/5) hari ini bertempat di Hotel Swiss Belinn Kristal Kupang akan menggelar musyawarah provinsi (Musprov) ke-IX. Salah satu agenda penting dalam Musprov kali ini yakni pemilihan Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Inkindo NTT periode 2018-2022.

Dalam jumpa pers dengan sejumlah awak media, Jumat (11/5), Ketua Panitia Pemilihan, Mutaqim mengatakan, proses penjaringan calon ketua Inkindo sudah berjalan sesuai dengan mekanisme organisasi. Para bakal calon yang diseleksi awalnya berjumlah 34 orang. Selanjutnya berkurang menjadi 12 orang karena ada yang meninggal dunia, ada yang sudah tidak menjadi anggota Inkindo, serta tidak lagi menjadi direktur perusahaan. “Dari 12 orang itu kita kirimkan surat pernyataan kesediaan dan yang bersedia hanya 5 orang. 5 orang ini kemudian ditetapkan sebagai calon karena memenuhi syarat administrasi dan memang diusulkan oleh semua anggota,” ujarnya.

Mutaqim menyebutkan, kelima calon Ketua DPP Inkindo NTT antara lain Yulandharu Gama Siswanto (No 1), Yoseph Liem (No 2), Sutikno (No 3), Luhut Manalu (No 4) dan calon incumbent Tanto E.H. Sunukmo (No 5). Sedangkan jumlah anggota yang berhak memilih sebanyak 85 orang dari dari total 114 orang. “Yang tidak berhak memilih karena masalah iuran anggota, dan lain sebagainnya. Jadi bsok (hari ini, red) sebelum pemilihan ada tahapan penyampaian visi misi dari para calon,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Frans de Kou mengatakan, agenda Musprov Inkindo NTT ke-IX kali ini ada beberapa agenda, diantaranya penyampaian laporan pertanggungjawaban dari pengurus yang lama, beberapa sidang pleno, serta dilanjutkan dengan agenda pemilihan Ketua Inkindo periode 2018-2022. Dia berharap Musprov Inkindo ini bukan hanya seremonial atau sekadar pemenuhan AD/ART organisosiasi semata. Tetapi dengan pengorbanan biaya dan waktu yang besar, dapat mencapai hasil yang maksimal. “Siapapun yang terpilih itulah kebanggaan Inkindo. Dia akan menahkodai Inkindo NTT ini ke depan menuju arah yang lebih baik,” katanya.

Sementara calon nomor urut 1, Yulandharu Gama mengaku punya dua misi yakni eksternal dan internal. Eksternal dalam artian Inkindo harus bisa meningkatkan efektivitas Inkindo sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara anggota dengan pemangku kepentingan. Inkindo harus menjadi untuk mensinkronkan antara kepentingan-kepentingan stakeholdder dengan penyedia jasa. Yang kedua dari misi eksternal adalah menjaga eksistensi Inkindo sebagai perusahaan jasa konsultan tertua.

Sedangkan misi internal, Yulandharu mengaku akan berusaha menegakkan norma dan kode etik perusahaan. Sehingga tidak ada monopoli dari perusahaan tertentu. “Kita juga meningkatkan profesionalitas dan kompetensi anggota terutama di internal, mewujudkan dan meningkatkan marwah usaha jasa konsultan dengan penguatan basis keanggotaan,” katanya.

Calon nomor urut 2, Yoseph Liem mengaku punya visi misi untuk menjadikan inkindo yang sempurna. Menurut dia, usia 34 tahun Inkindo sudah tidak mudah lagi. Sehingga Inkindo harus bisa lebih eksis dan di era teknologi sekarang ini anggota inkindo perlu menjngkatkan kompotensi dan kapasitasnya. Sebab bersaing di saat sekarang tidak lagi bisa konvensional. pemerintah mula beralih ke lelang elektronik kalau anggota kita tidak siap secara kompetensinya mungkin akan tertinggal, katanya. “Misi yang mau saya dorong jika menjadi ketua nanti, adalah bagaimana mempersiapkan anggota Inkindo secara internal dulu sehingga nanti kalau keluar bertemu dengan pengguna jasa seperti pemerintah kita sudah dalam fase yang benar-benar siap. Karena semua system sudah elektronik,” katanya.

Jasa konsultasi, lanjut Yoseph, tidak hanya meluluh menyiapkan produk berupa desain atau produk pengawasan, tetapi bagaiman memberi jasa nasihat. Padahal konsultan punya tanggungjawab memberikan nasihat teknis kepada pengguna jasa.

Calon Nomor urut 3, Sutikno mengatakan, saat ini proyek besar yang dilelang secara online. Faktanya, perusahaan dari luar menguasai proyek besar sedangkan perusahaan di daerah hanya menjadi penonton. Oleh karena itu, Inkindo sebagai induk organiasi harus segera berdedikasi untuk membekali tenaga ahli, meningkatkan pengalaman perusahaan, guna menangkal perusahaan dari luar agar tidak masuk. “Kita adalah konsultan yang adalah ujung tombak pembangunan di NTT. Kalau kita tidak mempersiapkan diri dengan baik, maka kita akan kalah. Jadi organisasi harus memfaslitasi untuk mendapatkan SKA yang dapat memenangkan dari sisi kompetensi,” katanya.

Calon nomor 4, Luhut Manalu, mengatakan Musprov sebenarnya tidak melulu pemilihan pengurus, tetapi juga membahas program, refresh organisasi dan lain sebagainya. Tugas Indkindo sebagai wadah konsultan, kata Luhut adalah mempersiapkan anggota untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan. “Ketua Inkindoi itu kerja social. Jadi kalau terpilih, saya akan berusaha meningkatkan kompetensi anggota-anggota supaya bisa lebih eksis dalam menghadapi tantangan ke depan,” katanya.

Selanjutnya calon incumbent, Tanto Sunukmo mengatakan, visi misinya adalah ingin agar anggota inkindo itu berdaya. Dalam artian harus kompeten dan bisa melaksanakan pekerjaannya jika diberi pekerjaan. “Sebagaian besar anggota Inkindo itu adalah perusahaan kecil. karena itu kita memberi perhatian dan penguatan kepada perusahaan kecil ini. Tingkatakan integritas dan kompetensi sehingga bisa membawa perusahaan ini berdaya,” katanya seraya mengaku bertekad menyuarakan ke tingkat nasional berkaitan dengan regulasi yang juga berpihak kepada perusahaan kecil. (tom)

 

Calon Ketua DPP Inkindo NTT
1. Yulandharu Gama Siswanto
Direktur CV Archillogic
Wakil Ketua III DPP Inkindo NTT

2.Yoseph Liem Wakil ketua II
Direktur CV Nifu Nua
Wakil Ketua II DPP Inkindo NTT

3.Sutikno
Direktur CV Prima Artistika
Anggota DPO Inkindo NTT

4. Luhut Manalu Bendahara
Direktur PT Perencana Indah Eng.
Bendahara DPP Inkindo NTT

5.Tanto Sunukmo Petahana
Direktur CV Harsun
Ketua DPP Inkindo NTT (calon petahana)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!