Dominasi Kota Kupang Berlanjut di Atletik dan Karate – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Dominasi Kota Kupang Berlanjut di Atletik dan Karate

PENGHORMATAN PEMENANG. Petra Rumteh (tengah) peraih medali emas nomor kata perorangan putri, pose bersama peraih perak dan perunggu serta Koordinator pertandingan Cabor Karate, Agus Bria Seran usai pengalungan medali di Aula Korem, Senin kemarin.

RUDY MANDALLING/TIMEX
RUDY MANDALLING/TIMEX JUARA UMUM. Atlet Kota Kupang, Mathilda Bere (tengah) bersama para peraih perak dan perunggu serta David Kenenbudi selaku sekretaris Klub Atletik Naga Timor usai pengalungan medali di Stadion Oepoi.

RUDY MANDALLING/TIMEX.   JUARA UMUM. Atlet Kota Kupang, Mathilda Bere (tengah) bersama para peraih perak dan perunggu serta David Kenenbudi selaku sekretaris Klub Atletik Naga Timor usai pengalungan medali di Stadion Oepoi.

Popda III NTT 2018

KUPANG,TIMEX – Tidak salah jika menyebut Kota Kupang sebagai barometer atlet berprestasi di NTT. Hal ini terbukti di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) III NTT 2018.

Setelah sukses mendominasi Cabang olahraga (Cabor) Kempo dan Taekwondo yang telah menyelesaikan pertandingannya sejak Minggu (13/5) dengan tampil sebagai juara umum, atlet-atlet Kota Kupang kembali melanjutkan dominasinya di dua cabang olahraga lainnya, yakni Atletik dan karate yang baru menyelesaikan pertandingannya, Senin (14/5) kemarin.

Cabor Atletik yang melangsungkan pertandingannya di lintasan Atletik Stadion Oepoi Kupang, kemarin menyelesaikan 400 meter putra/putri, 800 meter putra/putri, 5000 meter putra/putri dan lompat jauh putri, yang memperebutkan 7 medali emas.

Dari 7 medali emas tersebut, Atlet Kota Kupang mampu menyabet 4 medali emas.
Dua medali emas dipersembahkan Matilda Bere dari nomor 400 meter putri dengan catatan waktu 1:03.41 detik, serta nomor lari 800 meter putri dengan 2:24.46 detik.

Marselino Fallo menyabet medali emas dari nomor lari 5000 meter putra dengan catatan waktu 22 detik, serta Wati Buknoni dari 5000 meter putri dengan catatan waktu 18:53.55 detik.
Tiga medali emas lainnya diraih oleh Ngada atas nama Yanuarius Soko dari nomor lari 400 meter putra dengan catatan waktu 52.09 detik. Martin Huter dari Sikka merebut medali emas 800 meter putra dengan catatan waktu 2:04.89 detik.

Sedangkan medali emas Nomor lompat jauh putri diraih Indriyani Bone dengan jarak lompatan 4.72 meter.

Tambahan 4 medali emas tersebut, membuat Kontingen Kota Kupang menyudahi pertandingan di cabang atletik dengan mengumpulkan 7 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu sekaligus memastikan tampil sebagai juara umum Cabor Atletik.
Kabupaten Ngada berada di urutan kedua dengan menyabet 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Kabupaten Sikka berada diurutan ketiga dengan mengumpulkan 2 medali emas, 1 perak.

Posisi keempat ditempati Sumba Barat Daya dengan mengumpulkan 1 medali emas, 7 perak dan 3 perunggu. Diikuti Kabupaten Belu yang mengumpulkan 1 medali emas, 1 perak, dan posisi enam besar ditempati oleh Kabupaten Ende yang meraup 1 medali emas.

Kejayaan Atlet-atlet Kota Kupang juga nerlanjut di cabang olahraga Karate yang melangsungkan pertandingannya di Aula Korem 161/Wirasakti.

Dari 10 nomor kata perorangan (5 Nomor kata Putra dan 5 nomor Kata Putri), Kota Kupang berhasil menyabet enam medali emas.

Dari Kumite perorangan Putra, Kota Kupang menyabet tiga medali emas dari kelas -55 kg atas nama Sefaca Menno, kelas – 61kg ata nama Soleman Rumthe, dan kelas -68kg atas nama Chroy Wanda. Sedangkan dari kumite putri, Kota KUpag juga menyabet 3 medali emas, masing-masing di kelas -53kg putri atas nama Anista Tefa, kelas -59kg atas nama Maria D.J. Da Costa, serta kelas +59kg atas nama Sintia D. Golung.

sementara itu, dari nomor Kata, Kota Kupang juga mampu meraih 2 medali emas dari kata perorangan putra atas nama Mario Pande, serta kata perorangan putri atas nama Petra Rumthe.
Hasil tersebut mengantarkan Koa Kupang meraih juara umum Cabor Karate dengan mengumpulkan 8 medali emas, dan dua medali perunggu.

TTU berada diurutan kedua dengan mengumpulkan 2 medali emas, dua perak dan 3 perunggu. Dua medali emas TTU diraih dari nomor kumite perorangan putri -42kg atas nama Maria T.D Nai serta dari kumite perorangan putra kelad + 68kg atas nama Liferen Loinenak.

Kabupaten Belu menempati posisi tiga besar dengan mengumpulkan 1 medali emas, 7 perak dan 1 perunggu.

Tim Karate TTS yang datang dengan biaya sendiri, juga mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan, dengan menempati posisi keempat dengan mengumpulkan 1 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Sedangkan posisi lima besar ditempati Kabupaten Ende yang mengumpulkan 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Dengan keberhasilan atlet-atlet Kota Kupang tampil sebagai pengumpul medali terbanyak di Cabor Atletik dan Karate, dengan sendirinya makin mengokohkan posisi Kota Kupang di puncak klasemen sementara perolehan medali, dengan mengumpulkan 39 medali emas, 12 medali perak dan 13 perunggu.

Kota Kupang meninggalkan jauh Kabupaten TTU yang menempati urutang kedua dengan mengumpulkan 7 medali emas, 13 perak dan 14 perunggu. Sedangkan Kabupaten Belu menempati posisi tiga besar dengan mengumpulkan 5 medali emas, 12 perak dan 16 perunggu. (Lihat Grafis).

Dua cabang olahraga lainnya, yakni Cabor Tinju dan Pencak Silat, hingga berita ini diturunkan baru menuntaskan pertandingannya di babak semifinal, dan babak final baru akan dilangsungkan hari ini.
Penutupan Popda III NTT 2018, rencananya akan dilangsungkan sore hingga malam nanti, setelah pertandingan final di cabor Tinju dan Pencak Silat tuntas digelar.(rum)

Klasemen Sementara Popda III NTT 2018

NO KONTINGEN/KAB/KOTA EMAS PERAK PERUNGGU

1. KOTA KUPANG 39 12 13
2. TIMOR TENGAH UTARA 7 13 14
3. BELU 5 12 16
4. SIKKA 5 3 5
5. NGADA 4 2 8
6. TIMOR TENGAH SELATAN 3 2 8
7. ENDE 3 5 3
8. MANGGARAI BARAT 2 9 1
9. SUMBA BARAT DAYA 2 8 5
10. KAB. KUPANG 2 4 14
11. ALOR 2 3 5
12. ROTE NDAO 2 2 3
13. SABU RAIJUA 2 2 2
14. SUMBA BARAT 2 – 1
15. SUMBA TIMUR 1 4 6
16. FLORES TIMUR 1 1 5
17. SUMBA TENGAH 1 – 3
18. MANGGARAI 1 – –
19. MALAKA – 3 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!