Lagi, Kota Kupang Juara Umum – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Lagi, Kota Kupang Juara Umum

TUTUP POPDA. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alexander Sena saat memberika arahan sebelum menutup Popda II NTT 2018 di GOR Flobamora, Selasa malam kemarin.

RUDY MANDALLING/TIMEX

 

RUDY MANDALLING/TIMEX JUARA UMUM. Kadispora Kota Kupang Ejbend Doeka berasma para kensi Kota Kupang usai penutupan Popda III NTT semalam.

RUDY MANDALLING/TIMEX.    JUARA UMUM. Kadispora Kota Kupang Ejbend Doeka berasma para kensi Kota Kupang usai penutupan Popda III NTT semalam.

TTS Kuasai Tinju, Belu Kuasai Silat
Popda III NTT 2019

KUPANG,TIMEX – Untuk ketiga kalinya berturut-turut, sejak Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) NTT di gelar, Kota Kupang tampil sebagai juara umum.

Kepastian Kota Kupang tampil sebagai juara umum, diumumkan dalam penutupan Popda III NTT, yang dilangsungkan di GOR Flobamnora Oepoi Kupang, oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alexander Sena, Selasa kemarin (15/5) malam.

Dalam klasemen akhir perolehan medali, Kota Kupang tampil sebagai juara umum dengan mengumpulkan 44 medali emas, 18 medali perak dan 20 medali perunggu. (Lihat Grafis)
Keberhasilan Kota Kupang ini tidak terlepas dari keberhasilan atlet-atlet Kota Kupang mendominasi tiga dari enam cabang olahraga yang di pertandingkan, yakni Kempo, atletik dan Taekwondo, dimana Kota Kupang tampil sebagai juara umum pada ketiga Cabor tersebut.

Dua cabor lainnya, yakni Tinju dan Pencak Silat, atlet Kota Kupang gagal mendominasi, namun berhasil masuk dalam tiga besar pengumpul medali. Tinju menyumbang 3 medali emas, 4 perak dan 4 perunggu bagi Kota Kupang. Demikian juga dari Cabang Pencak Silat Kota Kupang meraih 3 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu, yang makin mengukuhkan posisi Kota Kupang di puncak klasemen perolehan medali.

Kabupaten Belu menempati juara Umum kedua dengan mengumpulkan, 14 medali emas, 11 medali perak dan 26 medali perunggu.
Perolehan medali Kabupaten Belu meroket di hari terakhir pertandingan, khusunya di cabor Tinju dan Pencak Silat.

Di Cabor Tinju, Belu sukses menyabet lima medali emas, 4 perak dan 3 perunggu, sedangkan di cabor pencak silat, Belu keluar sebagai juara umum dengan mendulang 4 medali emas dan 4 perunggu.

Sementara itu, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) berhasil menempati juara umum tiga, dengan mengumpulkan 8 medali emas, 5 perak dan 10 medali perunggu.
Sama seperti Belu, meroketnya perolehan medali TTS baru terjadi di hari terakhir Cabor tinju, dimana TTS tampil sebagai juara umum di Cabor ini dengan mengumpulkan 6 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore melalui Kadispora Kota Kupang, Ejbend Doeka yang ditemui koran ini usai acara penutupan memberikan apresiasi kepada kontingen Kota Kupang yan tampil sebagai juara umum dalam Popda kali ini.

Bahkan perolehan medali kali ini jauh lebih baik dibandingkan Popda yang lalu, yang tentunya menunjukkan adanya peningkatan prestasi, pembinaan atlet oleh klub-klub dan pengcab-pengcab, dan Kota Kupang menikmati hasilnya.

“Ini tidak terlepas dari peran klub dan Pengcab-pengcab sebagai pembina olahraga di Kota Kupang, sedangkan pemerintah hanya berperan sebagai motivator, dinamisator dan regulator, walau
dalam dua tahun terakhir setelah terbentuknya Dispora Kota Kupang, belum banyak hal yang dilakukan,” katanya.

Konsekuensi dari Kota Kupang sebagai ibu Kota Provinis, banyak kelebilah dalam kapastasnya sebagai ibu kota yang didapatkan, sehingga bisa mendapat hasil yang terbaik.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alexander Sena ketika menutup Popda III menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif dalam penyelenggaraan Popda III.”Juga kepada Peserta dari enam Cabor, sehingga Kegiatan berjalan lancar dan atlet telah berpatiisipasi aktif dengan penuh spotifitas sehingga even dapat berjalan sesuai harapan,” ungkapnya.

Sena juga menyampiakan profisiciat kepada atle-atlet yang tampil sebagai juara dan juga bagi kabupaten/kota yang tampil sebagai juara umum.
“Keberhasilan yan di capai membuktikan bahwa sebuah proses panjang yang di tekuni dengan kerja keras dan disiplin, akan menbuahkan Prestasi,” katanya.

Diingatkannya juga, bahwa prestasi yang di raih saat ini bukan puncak dari segala perjuangan. ” Ini baru even tingkat provinsi dan tentu yang diharapkan adalah prestasi terus berlanjut untuk harumkan nama NTT, karena masih ada even nasional dan Internasional yang harus di hadapi kedepan,” terangnya.

“Saya percaya bahwa kita bisa melakukan itu, karena sudah dibuktikan atlet NTT dari Cabang Kempo yang juara di level nasional bahkan internasional. Dan saya percaya atlet yang ada akan mampu mengikuti jejak para atlet sebelumnya,” pungkasnya.

Acara penutupan ini dihadiri pula oleh sekretaris Dispora NTT, Lambert Tukan, Kadispora NTT, Ejbend Doeka, Kabid Peningkatan Prestasi Dispora NTT, Hilda Bria Seran, ofisial Kabupaten/Kota peserta Popda dan undangan lainnya. (rum)

 

NO KONTINGEN/KAB/KOTA EMAS PERAK PERUNGGU

1. KOTA KUPANG 44 18 20
2. BELU 14 11 26
3. TIMOR TENGAH SELATAN 8 5 10
4. SIKKA 7 5 11
5. TIMOR TENGAH UTARA 4 14 16
6. NGADA 4 5 9
7. ALOR 4 5 10
8. SUMBA BARAT DAYA 3 10 9
9. KAB. KUPANG 3 6 13
10. SUMBA TIMUR 3 5 9 11. MANGGARAI BARAT 2 9 1
12. ENDE 2 3 8
13. FLORES TIMUR 2 3 8
14. SABU RAIJUA 2 2 4
15. ROTE NDAO 2 2 3
16. SUMBA BARAT 2 1 3
17. SUMBA TENGAH 1 0 1
18. MANGGARAI 1 0 0
19. MALAKA 0 4 3
20. LEMBATA 0 0 0

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!