Mendag Klaim Harga Sembako Malah Turun – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Mendag Klaim Harga Sembako Malah Turun

PANTAU PASAR. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita klaim harga bahan pokok turun jelang Ramadan.

Dok. JawaPos.com

TANGERANG, TIMEX – Beberapa hari jelang puasa, masyarakat dikeluhkan kenaikan harga barang kebutuhan pokok. Namun begitu, anggapan itu ditolak secara halus oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan harga bahan pokok mayoritas dalam keadaan stabil dan cenderung menurun. Meskipun, masih ada beberapa bahan pokok yang terlihat meningkat harga jualnya.

“Beras di 33 provinsi itu sudah turun dari Rp 11.500 menjadi Rp 8.950, kemudian yang premium sudah di bawah HET, lalu minyak goreng juga di bawah HET,” ujar saat ditemui di PT Multi Bintang Indonesia, Tangerang, Senin (14/5).

“Daging sapi ada yang Rp 80 ribu dan Rp 110 ribu, dan itu masyarakat bisa memilih mau yang mana dagingnya. Ayam dan telur naik, kemarin saya langsung telepon untuk atasi itu,” lanjut Enggar.

Enggar menduga kenaikan beberapa komoditas pangan di pasaran disebabkan anjloknya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Namun, menurutnya, hal itu biasa saja dan merupakan masalah yang mudah diatasi.

“Itu baru. Tapi sekarang kenaikan itu karena suplai juga. Sudah ada komitmen antara peternak dan layer, kita kasih batas atas dan bawah sekarang itu sudah lewat. Kemarin kita juga sudah operasi pasar terlebih dahulu,” tutur Enggar.

Terkait adanya peristiwa terorisme di Surabaya, Enggar mengklaim bahan pokok dalam keadaan aman dan terkendali. “Ada pengamanan dan aman, itu dijaga betul dan saya yakin itu aman karena itu tersebar di mana-mana gudangnya, nggak ada soal,” tukasnya.(ipy/JPC/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!