Pengurus Baru Bank NTT Siap Dilantik – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pengurus Baru Bank NTT Siap Dilantik

Dijadwalkan 25 Mei 2018

KUPANG, TIMEX – Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang diwawancarai Timor Express terkait hasil seleksi pengurus Bank NTT mengaku sudah mengetahui hasil tes yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap tujuh calon pengurus.

“Sudah. Mereka (Bank NTT) sudah lapor ke saya,” kata gubernur di Gedung Sasando, Minggu (13/5). Gubernur yang ditanya lagi terkait rencana pelantikan, mengatakan, akan segera menjadwalkan pelantikan. “Iya nanti. Nanti kita jadwalkan,” jawabnya singkat.

Sementara Anggota DPRD NTT, Welem Kalle kepada koran ini menegaskan, Bank NTT telah kehilangan pemimpin sejak 29 November 2016 ketika para pemegang saham memberhentikan Direktur Utama saat itu, Daniel Tagu Dedo.

“Bayangkan, sekarang sudah satu setengah tahun Bank NTT seperti ayam kehiilangan induk. Itu hasil seleksi sudah ada, kenapa tidak lantik segera? Jangan tunggu sampai bank itu bermasalah,” tandas Welem yang juga mantan pejabat di Bank NTT itu.

Sebagai wakil rakyat yang bertugas mengawasi bank tersebut, Welem mengingatkan gubernur tentang keamanan uang masyarakat yang jumlahnya mencapai Rp 10 triliun di bank tersebut. Sebagai pemegang saham pengendali, gubernur diminta harus benar-benar memperhitungkan kesehatan dan operasional bank. “Kalau lantik cepat, kan pengurus bisa langsung kerja dan seleksi lagi untuk isi direksi yang masih kosong. Lalu untuk komisaris independen nanti, harus benar-benar menjadi pengawas direksi. Mereka itu sama seperti DPRD mengawasi pemerintah. Jangan sampai hanya ikut maunya pemerintah. Nanti sudah ada masalah, mau salahkan siapa,” pesan politikus Partai Nasdem itu.

Komisaris Utama Bank NTT, Fransiskus Salem yang dikonfirmasi terpisah mengakui, pihaknya sudah memastikan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Bank NTT akan dilakukan 25 Mei 2018 nanti. MantanSekda NTT itu menjelaskan, selain RUPS tersebut juga akan dilakukan pelantikan terhadap lima dari tujuh pengurus yang lolos seleksi. “Itu pasti. RUPS tahunan dan pelantikan,” terang dia.

Frans Salem juga menyebutkan, diagendakan juga pemilihan pelaksana tugas direktur utama yang akan ditinggal Eduard Bria Seran karena tidak lolos seleksi sebagai Dirut. Setelah pelantikan, akan ada lagi RUPS Luar Biasa untuk pemilihan dirut dan direktur umum untuk mengisi dua jatan yang kosong tersebut. “Setelah pelantikan, karena komisaris independen sudah ada, KRN (Komite Remunerasi dan Nominasi) bisa langsung proses seleksi lagi untuk pengisian dirut dan dirum,” sambung Frans Salem. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!