BKH Mangkir – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

BKH Mangkir

Panwaslu Layangkan Panggilan Kedua
Terkait Dugaan Kampanye di Gereja

KEFAMENANU, TIMEX – Calon Gubernur NTT, Benny Kabur Harman (BKH) tak memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten TTU, Rabu (16/5). Panwaslu pun langsung melayangkan panggilan kedua.

Benny Kabur Harman

Benny Kabur Harman

Pihak Panwaslu memberi deadline paling lambat Kamis (17/5). Jika tetap tak datang, Panwaslu akan bersikap.

Selain BKH, beberapa pihak yang ikut dipanggil Panwaslu adalah saksi dari umat yang menghadiri misa di Gereja Paroki Santo Fransiskus Asisi Mamsena Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Minggu (13/5). Para saksi itu yakni Marselinus Sanam, Fidelis Tethun dan Gayus Bimoen. Selain itu, dipanggil juga ketua tim pemenangan paket Harmoni Kabupaten TTU, Yakobus Arnoldus Olla, saksi dari PPL atas nama Eltraudus Naisali dan Pastor Paroki Santo Fransiskus Asisi Mamsena, Pater Kornelis Dosi, SVD.

Dari keenam saksi yang diundang tersebut, hanya Pater Kornelis Dosi, SVD tidak hadir. Saksi-saksi lainnya hadir dan sudah memberikan keterangan.
Ketua Panwaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo kepada Timor Express, Rabu (16/5) mengatakan pihaknya telah bersurat kepada BKH. Ia berharap BKH bisa memenuhi panggilan tersebut.
“Saksi yang tidak hadir itu sudah dikirimkan undangan kedua,” kata Martinus.

Terkait mangkirnya BKH, Martinus mengatakan pihaknya memberi deadline hingga hari ini saja. Apabila BKH tetap tak hadir lagi, pihaknya akan bersikap. Cukup dengan mempelajari keterangan saksi dan bukti-bukti yang ada. Apabila terbukti bersalah maka Panwaslu melimpahkan kepada yang berwenang untuk melakukan proses hukum selanjutnya. Namun, apabila tidak terbukti maka proses akan dihentikan.

Martinus menambahkan akan melakukan pembahasan bersama Tim Gakkumdu Kabupaten TTU untuk menyikapi dugaan kampanye politik yang dilakukan oleh BKH di Gereja Paroki Santo Fransiskus Asisi Mamsena.

Disebutkan, sebelumnya perwakilan tim Harmoni mendatangi kantor Panwaslu TTU untuk memberikan penyampaian lisan terkait ketidakhadiran BKH. Tim yang datang atas nama Johni Salem. Namun pihak Panwaslu tetap bersikap untuk mengundang kembali BKH untuk mendatangi Kantor Panwaslu TTU agar dimintai keterangan. “Tadi (kemarin, Red) sudah ada konfirmasi lisan dari tim (Harmoni). Tapi kami menolak dan kembali mengundang BKH,” kata Martinus.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Paslon Harmoni, Ferdi Leu yang dikonfirmasi koran ini memastikan calon gubernur nomor urut 3, Beny Kabur Harman (BKH) tidak bisa memenuhi panggilan Panwaslu Kabupaten TTU.

“Tadi (kemarin, Red) beliau menyelesaikan kampanye di Malaka dan malam harus kembali Kupang. Karena, besok pagi (hari ini) harus ke Sumba untuk melanjutkan kampanye, dimulai dari Sumba Barat Daya (SBD),” jelas Ferdi Leu yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat NTT itu.

Dengan kesibukan BKH tersebut, Ferdi belum bisa memastikan kapan BKH bisa memenuhi panggilan Panwaslu TTU. “Kami menunggu proses selanjutnya dari Panwaslu,” ujarnya singkat. (mg26/ays/cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!