Wali Kota Imbau Jaga Kenyamanan Ramadan – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Wali Kota Imbau Jaga Kenyamanan Ramadan

KUPANG, TIMEX — Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengimbau seluruh masyarakat Kota Kupang untuk menjaga suasana aman dan tenang selama bulan ramadan.

“Mari kita jaga wilayah masing-masing agar menjadi nyaman dan tidak mengganggu saudara-saudara kita yang sementara menjalankan ibadah puasa,” kata Wali Kota saat diwawancarai Timor Express, Kamis (17/5).

Dia menjelaskan, Kota Kupang dengan ikon Kota Kasih, harus diwujudkan dengan masyarakat yang hidup rukun dan damai.

“Kota Kupang sebagai rumah bersama. Selama ini kita semua sudah hidup rukun antar umat beragama, dengan keberagaman yang ada di Kota Kupang, mulai dari keberagaman agama, suku dan budaya. Mari kita tetap pertahankan itu,” terangnya.

Dikatakan, dengan kejadian-kejadian di luar Kota Kupang terkait teroris dan lain sebagainya, patut untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan.

“Walaupun kejadian di luar Kota Kupang, tetapi kita patut waspada dan meningkatkan pengamanan,” ujarnya.

Untuk itu kata Jeriko, bagi semua lurah melalui RT-RW di masing-masing wilayah, diharapkan dapat memanfaatkan semua perangkat yang ada, mulai dari mengaktifkan Siskamling dan pengawasan lainnya

Juga bagi masyarakat nonmuslim agar menjaga suasana di lingkungan tetap kondusif, misalnya tidak memutar musik dengan suara keras saat jam ibadah, dan perilaku lainnya.

“Yang terpenting bagi RT-RW harus segera mendata setiap warga baru yang masuk. Perketat kos-kosan agar tidak ada penghuni baru yang tidak melaporkan diri. Di bulan ramadan ini, mari kita sama-sama jaga situasi agar tetap kondusif. Wujudkan Kota Kupang adalah rumah bersama dan nyaman bagi semua masyarakat,” pesan Wali Kota.

Terpisah, Lurah Oebufu Zet Batmalo, mengatakan, untuk wilayah Oebufu, dirinya selalu berkoordinasi dengan Bhabinsa dan Bhabinkantibmas untuk menjaga keamanan wilayah.

Selain itu, para RT-RW juga diimbau untuk menjaga wilayah masing-masing, dengan melakukan pemantauan setiap hari di setiap rumah warga.

“Saya bersama RT-RW di Kelurahan Oebufu selalu bersama memantau dan jalan di semua wilayah, hanya untuk meningkatkan pengawasan dan membuat masyarakat merasa aman,” terangnya.

Terkait Siskamling, Zet katakan di Kelurahan Oebufu untuk sementara belum diaktifkan, karena harus menggelar rapat terlebih dahulu bersama para RT-RW.

“Rapat untuk menjaring pendapat, selanjutnya akan disepakati bersama apakah akan diaktifkan atau mencari alternatif lain,” sebut Zet Batmalo. (mg25/joo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!