Bandara Komodo akan Diserahkan ke Swasta – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Bandara Komodo akan Diserahkan ke Swasta

JAKARTA, TIMEX – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mewacanakan menyerahkan Bandara Komodo, Labuan Bajo, kepada pihak swasta.
Konsesi (bisnis yang dioperasikan di bawah sebuah kontrak atau izin) dilakukan terhadap beberapa bandara dan pelabuhan di sejumlah daerah. Termasuk Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Dengan dilakukannya konsesi maka diharapkan pengelolaan bandara semakin optimal dan pemerintah bisa mendapatkan pemasukan
dari konsesi bandara tersebut.

“Yang saat ini sudah dilakukan konsesi terlihat sudah semakin baik pelayanannya. Untuk konsesi bandara dan pelabuhan jelas diserahkan ke pihak swasta,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi kepada Timor Express, Rabu (6/6) di gedung DPR RI.

Karena itu, kata Budi, konsesi tersebut tidak saja dilakukan untuk bandara tetapi juga pelabuhan. Format yang akan dilakukan dalam konsesi ini adalah Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Konsesi akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. “Intinya, dalam konsesi ini pemerintah tidak bermaksud untuk menjualnya ke pihak ketiga tetapi pihak ketiga hanya diberi hak untuk mengelola saja,” tegas Budi.

Ia menegaskan, kepemilikan bandara dan juga pelabuhan tetap menjadi milik Pemerintah RI.
Masih menurut Budi, kalau konsesi tersebut tercapai maka uang yang selama ini dipakai untuk mengelola bandara-bandara yang akan dikonsensikan tersebut bisa dialihkan untuk membangun bandara kecil lainnya di beberapa daerah.

Ia menyebut bandara-bandara yang akan segera dikonsensikan itu ada di beberapa daerah seperti di Lampung, Belitung, Sibolga, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan NTT yakni Labuan Bajo.

Sementara Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis menegaskan hal ini akan segera dibahas bersama Dirjen Perhubungan Udara. “Masih harus dibahas lagi bersama Dirjen Perhubungan Udara. Dalam pembahasan itu tentunya Dirjen Perhubungan Udara akan menjelaskan soal detail atau rincian dilakukan konsesi terhadap beberapa bandara tersebut,” urai Fary.

Menurut anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini, saat ini pihaknya bersama Kemenhub sementara membahas beberapa capaian kinerja serta beberapa hal lain yang belum dicapai oleh Kemenhub. “Hari ini (Kemarin, Red), kan kita baru bahas soal capaian-capaian RPJM yang belum tercapai dan yang berikutnya yang ikut dibahas yakni berkaitan dengan program kerja yang berbasis kemasyarakatan.

Yang jelas, untuk wacana konsesi beberapa bandara serta pelabuhan di sejumlah daerah itu kita dari Komisi V DPR RI akan meminta penjelasan dari Kemenhub,” pungkas Fary. (gat/fmc/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!