Timor Express

HUKUM

Marianus Disidang Usai Lebaran

DI GEDUNG KPK. Terdakwa Marianus Sae saat melangkah keluar dari dalam gedung KPK RI usai dilakukan tahap dua oleh penyidik KPK ke jaksa KPK, Kamis (7/6).

IST

Kembali Ditahan hingga 26 Juni

JAKARTA, TIMEX – Tersisa empat hari lagi masa penahanan untuk tersangka Marianus Sae alias MS oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI selesai. Tepatnya 11 Juni pekan depan.

Sebelum masa penahanan Bupati Ngada ini selesai, penyidik KPK RI sudah melakukan tahap dua berkas tersangka MS dan barang bukti (BB) ke jaksa KPK karena berkas perkara sudah dinyatakan lengkap (P21).

Tahap dua berkas tersangka MS dan barang bukti dilakukan Kamis (7/6) pukul 09.00 WIB, bertempat di gedung KPK RI, Jalan Kuningan Kemuliaan, Jakarta Selatan. Ketika dilakukan penyerahan, tersangka yang tersandung kasus dugaan tindak pidana suap proyek-proyek di Kabupaten Ngada itu didampingi penasihat hukumnya, Vinsensius Maku.

Juru bicara (Jubir) KPK RI, Febri Diansyah yang dikonfirmasi Timor Express malam tadi membenarkan bahwa berkas tersangka Marianus Sae sudah dinyatakan lengkap (P21). “Iya benar. Berkas perkara untuk tersangka Marianus Sae sudah dinyatakan lengkap (P21) sehingga oleh penyidik KPK langsung dilakukan tahap dua tersangka dan barang bukti ke jaksa KPK tadi (kemarin, Red). Selanjutnya, jaksa KPK akan menyiapkan dakwaan dan jika dakwaan sudah siap maka akan segera dilimpahkan ke pengadilan,” ujar Febri.

Terpisah, penasihat hukum terdakwa Marianus Sae, Vinsensius Maku kepada Timor Express juga membenarkan bahwa tersangka Marianus Sae sudah dilakukan tahap dua oleh penyidik KPK ke jaksa KPK bersama barang bukti. “Tadi (kemarin, Red) sudah dilakukan tahap dua untuk tersangka Marianus Sae bersama barang bukti. Karena itu maka penahanan tersangka saat ini menjadi tahanan jaksa KPK sejak tanggal 7-26 Juni,” ujar Vinsen – sapaan akrab pembela Marianus Sae.

Dijelaskan, tahap satu berkas tersangka Marianus Sae sudah dilakukan penyidik KPK ke jaksa KPK sejak beberapa waktu lalu. Karena itu saat pemeriksaan untuk tersangka Marianus Sae pekan kemarin itu, hanya untuk melengkapi petunjuk jaksa KPK. “Sesuai pengakuan penyidik KPK setelah kami berkomunikasi, pemeriksaan untuk tersangka Marianus Sae oleh penyidik KPK pekan kemarin itu sifatnya untuk melengkapi petunjuk jaksa KPK. Tahap dua tersangka Marianus Sae dan barang bukti dilakukan penyidik KPK ke jaksa KPK tadi pagi (pagi kemarin, Red) pukul 09.00. Usai tahap dua, tersangka kemudian dijemput lagi ke tahanan KPK,” jelas Vinsen.

Terkait jadwal sidang kliennya, Vinsen tegaskan bahwa sesuai informasi dari jaksa KPK, kliennya baru akan disidang setelah libur lebaran nanti. Persidangan berlangsung di Pengadilan Tipikor Surabaya. Untuk penahanan tersangka Marianus Sae dimulai sejak kemarin hingga tanggal 26 Juni mendatang. “Yang jelas, sebelum tersangka disidang maka berkas dakwaan harus kami peroleh supaya bisa dipelajari sebelum proses sidang nanti,” ujarnya.

Disinggung mengenai lokasi sidang untuk tersangka Marianus Sae, Vinsen menegaskan bahwa sejak awal, tersangka selalu mengikuti proses hukum yang dilakukan KPK dengan baik. Oleh karena itu, apa pun yang dilakukan oleh KPK, selagi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, maka tidak akan ada keberatan. “Saya melihat bahwa apa yang dilakukan KPK selama ini sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Maka baik tersangka maupun kami selaku PH tidak ada hal yang perlu diperdebatkan,” katanya. (gat/fmc/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!