STIKOM Uyelindo, PT IT Pertama di NTT – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

STIKOM Uyelindo, PT IT Pertama di NTT

AKREDITASI.Salah satu tahapan menuju akreditasi yang dilakukan di STIKOM Uyelindo Kupang, April 2018 lalu.

STIKOM UYELINDO KUPANG FOR TIMEX

Dua Prodi Target Akreditasi A

KUPANG, TIMEX-Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang boleh berbangga menjadi perguruan tinggi IT pertama di NTT. Salah satunya karena telah meraih penghargaan-penghargaan dalam Tri Dharma perguruan tinggi yang memperkuat mutu dan kualitas pelayanan pendidikan.

Hal ini dibuktikan dengan hasil akreditasi program studi sistem informasi yang berhasil meraih peringkat sangat baik atau predikat Akreditasi B. Hasil akreditasi ini telah diumumkan sejak 24 April 2018 melalui aplikasi Sistem Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
“Hasil yang diperoleh mejadi suatu kekuatan baru bagi STIKOM Uyelindo menjadi perguruan tinggi pilihan terbaik bagi lulusan SMA/SMK maupun DIII yang ingin melanjutkan studi ke jenjang strata satu (S1) pada program studi yang tersedia di STIKOM UYELINDO KUPANG,” kata Ketua STIKOM Uyelindo Kupang, Marinus I.J. Lamabelawa kepada Timor Express pekan lalu.

Dengan akreditasi B tersebut, STIKOM Uyelindo membuka kelas khusus untuk pegawai negeri dan swasta, sehingga dapat mengakomodir mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang strata satu prograsm studi Sistem Informasi.

“Program studi Sistem Informasi Strata Satu (S1) memiliki slogan “Hold e-goverment and eterprise with information technology”. Dimana program studi Sistem Informasi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada penerapan sistem informasi di bidang enterprise dan e-goverment berdasarkan kurikulum berbasis KKNI.
Sehingga, program studi Sistem Informasi dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang sistem informasi. Khususnya, bidang e-goverment dan enterprise yang memiliki karakter berakhlak mulia dan mempunyai keunggulan kompetitif pada tingkat lokal, nasional, dan internasional”, kata Ketua Program Studi Sistem Informasi, Reymertha Noni Na’atonis menambahkan.

Selain program studi Sistem Informasi S1, STIKOM Uyelindo Kupang memiliki program studi Teknik Informarmatika S1 dan Teknik Informatika D3. Proses re-akreditas program studi Teknik Informatika S1 dimulai dari pengiriman berkas yang telah dilakukan tanggal 6 Juni 2018. Proses pemeriksaan berjalan antara 2-3 bulan sebelum dilakukan assesment lapangan. Dan, program Studi teknik Informatka S1 optimistis akan mendapat akreditasi A. “Proses tri dharma dan kegiatan non-akademik yang berlangsung sudah sesuai standar yang ditetapkan untuk menuju suatu budaya mutu perguruan tinggi yang baik,” tambah Ketua Program Studi Teknik Informatika S1, Marlinda Vasty Overbeek.

Ketua Program Studi Teknik Informatika D3, Petrus Katemba tambahkan, program studi Teknik Informatika D3 akan lebih fokus pada pendidikan vokasi yang menitikberatkan pada skill kerja dengan 60 persen praktek dan 30 persen teori. “Dengan strategi seperti ini, diharapkan lulusan sudah siap bekerja dengan kemampuan berdasakan bidang konsentrasi vokasi, yaitu pemogramam web, pemograman jaringan dan multimedia,” sambung Petrus Katemba.

Ketua STIKOM, Marinus tambahkan, saat ini STIKOM Uyelindo menetapkan tahun 2018 sebagai tahun akreditasi. Akreditasi yang dilakukan untuk semua program studi, antara lain Sistem Informasi S1, Teknik Informatika S1 dan Teknik Informatika D3. Berbagai hal terus dilakukan dalam upaya peningkatan sumber daya yang ada. Untuk fasilitas secara umum telah memadai seperti fasilitas IT yang lengkap berstandar nasional. “Hal ini dibuktikan dengan pemakaian fasilitas STIKOM Uyelindo Kupang oleh pihak pemerintah dan swasta seperti KemenkumHAM, AAJI, BKD Prov.NTT dan pihak lain seperti pada pelaksanaan tes masuk CPNS, dengan sistem seleksi tes berbasis CAT (Computer Assitant Test),” jelas Marinus lagi.

Marinus lanjutkan, dalam upaya peningkatan sumber daya di kampus tersebut, ke depan pihaknya terus melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini pengikatan level pendidikan para dosen ke jenjang S3. Dan, mendorong publikasi hasil riset para dosen ke jurnal-jurnal nasional dan internasional bereputasi. “Kami akan meningkatkan kerja sama dengan seluruh stakeholder, baik dalam negeri maupun luar negeri dan memacu peningkatan prestasi para mahasiswa ke tingkat nasional dan internasional”, tambah Marinus

Masih menurut dia, seluruh keberhasilan tersebut akan ditandai dengan perayaan HUT XVIII STIKOM Uyelindo Kupang pada 12 Juni 2018 (hari ini) di kampus tersebut.
Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya senam pagi bersama, hiburan, lomba-lomba, juga misa dan buka puasa bersama. (humas-stikomuyelindo/cel).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!