Tanpa KTP dan Suket Tetap Coblos – Timor Express

Timor Express

PILKADA

Tanpa KTP dan Suket Tetap Coblos

KUPANG, TIMEX – Badan Pengawas Pemilu berharap 26.000 masyarakat Kota Kupang yang belum merekam KTP elektronik sudah terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub NTT. Pasalnya, jika sudah terdaftar di DPT akan mudah untuk diakomodir saat hari pencoblosan.

Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express menjelaskan, KPU RI telah mengatur dalam surat tertanggal 8 Juni 2018 terkait penyelenggaraan pungut hitung suara pilkada 2018.

Di dalam surat tersebut menyebutkan, dalam hal pemilih yang terdaftar dalam DPT namun tidak dapat menunjukkan KTP-e atau surat keterangan (Suket), diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan. “Intinya harus masuk di dalam DPT,” tandas Jemris.

Sementara Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli menjelaskan, jika sudah terdata di DPT, hak politik pemilih sudah bisa dijamin. Dan, kebijakan dari KPU akan disampaikan kepada para pemilih. “Yang paling penting sudah terdaftar di DPT. Karena nanti kalau ada kebijakan lain, akan kami sampaikan,” kata Yosafat.

Dia akui, saat pleno penetapan DPT, KPU Kota Kupang dan Panwaslu Kota Kupang tidak mempersoalkan DPT Kota Kupang. Hal ini menurut dia karena nama-nama sudah terakomodir di dalam DPT meski belum semuanya merekam KTP-e. “Intinya kalau sudah ada di DPT. Yang paling penting ini soal hak konstitusi rakyat,” tutup dia. (cel/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!