Timor Express

POLITIK

Ketua KPU dan Panwas Rote Diganti

Eksekusi Putusan DKPP

KUPANG, TIMEX – Pasca putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), KPU dan Panwaslu Kabupaten Rote Ndao akhirnya berubah formasi.

Ketua KPU Rote Ndao yang sebelumnya dijabat Berkat Ngulu diganti oleh Hofra Anakay. Sementara Ketua Panwaslu Rote Ndao yang sebelumnya dijabat Iswardy Lay digantikan Tarsis Toumeluk.

Hal ini diakui Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express, Selasa (12/6). “Sudah diganti dari hasil pleno tadi pagi (Selasa),” kata Jemris.

Pihaknya berharap pengalihan posisi ketua tersebut dimaknai sebagai kepercayaan untuk kualitas pemilu yang lebih bermartabat di Kabupaten Rote Ndao.

Hal senada juga diungkapkan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe. Menurut Tanti, sapaan Maryanti, KPU Rote Ndao telah melakukan pleno Selasa (12/6) dan memutuskan Hofra Anakay sebagai ketua yang baru.

Meski pergantian ketua KPU tersebut karena adanya pelanggaran kode etik sebagaimana putusan DKPP, namun Tanti pastikan, pilkada di Kabupaten Rote Ndao terus berjalan normal. Bahkan para pasangan calon pun masih tetap sama dan tidak ada perubahan.
Sebelumnya, DKPP memutuskan memberhentikan Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kabupaten Rote Ndao dari jabatan ketua karena terbukti melanggar kode etik sesuai pengaduan yang disampaikan Sekda Rote Ndao, Jonas Selly.

Jonas Selly menuntut KPU dijatuhi hukuman karena meloloskan Aparat Sipil Negara (ASN) sebagai calon bupati Rote Ndao 2018.
Terpisah, calon Bupati Rote Ndao, Mesakh Nitanel Nunuhitu mengatakan putusan DKPP yang telah disampaikan beberapa waktu lalu hanya berdampak bagi KPU dan Panwaslu. Pasalnya, DKPP hanya mengadili kode etik penyelenggara Pemilu. Putusan tersebut tidak berdampak bagi pasangan calon. “Jadi tidak ada pasangan calon yang gugur seperti yang diisukan. Putusan itu hanya berlaku untuk KPU dan Panwaslu,” kata Nunuhitu. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!