Panelis Harus Netral – Timor Express

Timor Express

PILKADA

Panelis Harus Netral

Debat Ketiga Pilgub NTT

KUPANG, TIMEX – Kampanye debat terbuka empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub NTT 2018 akan digelar 23 Juni mendatang. Untuk mempersiapkan debat tersebut, KPU Provinsi NTT telah menetapkan tiga panelis dalam debat tersebut.
Menariknya, ketika panelis tersebut semuanya perempuan, yakni Fredrika Tadu Hunga, Engelina Nabuasa dan Prof. Mientje Ratoe Oedjoe. Ketiganya berasal dari kalangan LSM dan juga akademisi.

Menanggapi hal ini, Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express berharap, siapa pun panelisnya, tetap harus netral. “Kami berharap agar panelisnya orang yang netral,” kata Jemris, Rabu (13/6).

Meski demikian, Jemris akui, sebelumnya Bawaslu telah meminta KPU NTT untuk memberikan porsi perempuan dalam tim panelis. Namun Jemris mengakui, KPU memberikan respon baik dan berjanji akan mengakomodir saran tersebut.

“Kami pernah meminta kepada KPU agar pertimbangkan panelis perempuan dalam debat. Jawaban KPU saat itu akan dipertimbangkan pada debat ketiga,” terang dia.

Dia akui, kehadiran perempuan juga relevan dengan tema debat yang akan digelar di Jakarta itu, yakni berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan.

Sebelumnya, Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli menjelaskan, setiap panelis harus menyiapkan 10 pertanyaan bagi keempat paslon. Pertanyaan tersebut akan muncul secara acak sesuai undian yang diambil para paslon saat debat nanti.

Yos juga menegaskan, mereka yang menjadi panelis sudah melalui proses seleksi ketat. Tidak boleh berafiliasi dengan partai politik dan juga tidak memiliki hubungan kedekatan dengan kandidat yang bertarung.

Untuk diketahui debat putaran terakhir ini dilaksanakan di Jakarta pada 23 Juni 2018 atau saat hari terakhir masa kampanye Pilgub NTT. Debat akan disiarkan secara langsung oleh iNews TV. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!