Kopdit Swasti Sari Cabang Bali Segera Beroperasi – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Kopdit Swasti Sari Cabang Bali Segera Beroperasi

Tempat Pelayanan di Denpasar dan Nusa Dua

KUPANG, TIMEX – Tekad dan cita-cita Koperasi Kredit Swasti Sari untuk mengembangkan sayap di Provinsi Bali akhirnya terwujud. Pasalnya, 180 warga asal NTT yang berdomisili di Pulau Dewata telah mendaftar sebagai anggota Kopdit Swasti Sari. Sehingga dalam waktu dekat, operasional pelayanan Kopdit Swasti Sari akan segera berjalan.

Kepada Timor Express, General Manager (GM) Kopdit Swasti Sari Yohanes Sason Helan mengatakan, pihaknya telah melakukan kegiatan sosialisasi dan motivasi bagi calon anggota di Denpasar dan Nusa Dua Bali. Kegiatan itu dilakukan selama lima hari kerja yaitu dari tanggal 14-18 Juni 2018. Sebelum kegiatan dimulai, pengurus, pengawas dan GM menemui Ketua Umum Ikatan Keluarga Flobamora, Yoseph Yulius Diaz dan Sekertaris Umum Frederik Bili serta Pastor Paroki St. Silvester Pecatu Nusa Dua, Romo Alfonsius Kolo, Pr di Denpasar.

“Jumlah keseluruhan masyarakat yang mengikuti sosialisasi selama lima hari, baik di Denpasar maupun di Paroki Silvester Pecatu Nusa Dua sekitar 750 orang,” sebut Yohanes saat diwawancara pada Selasa (19/6).

Yohanes menerangkan, ketiga tokoh yang ditemui tersebut menyambut baik kehadiran Kopdit Swasti Sari. Sebab produk-produk dari kopdit ini sangat membantu dan menunjukan keberpihakan kepada anggota. Selain itu, Kopdit Swasti Sari punya prinsip untuk menjadikan seluruh anggota merasa nyaman dalam satu rumah besar, tanpa melihat atau membedakan berapa besar simpanan, berapa pinjaman dan berapa lama menjadi anggota. Mereka juga menghimbau semua masyarakat Flobamora yang jumlahnya sekitar 60 ribuan orang serta masyarakat Bali untuk masuk menjadi anggota Kopdit Swasti Sari.

Di akhir kegiatan sosialisasi dan motivasi bagi calon anggota, Yohanes menyebutkan ada sekitar 180 orang langsung mendaftarkan diri menjadi anggota Kopdit Swasti Sari. Total uang tunai yang dikumpulkan dari anggota baru tersebut mencapai puluhan juta rupiah. Mereka juga berjanji bahwa sampai dengan akhir Desember 2018, jumlah anggota Kopdit Swasti Sari di Bali sudah di atas 1.000 orang, dengan aset atau kekayaan mencapai mencapai Rp 25 miliar. Mereka bahkan optimis, ke depannya Kopdit Swasti Sari Cabang Denpasar Bali akan lebih besar dari kantor cabang yang ada di NTT.

Menurut Yohanes, kantor pelayanan akan dibuka di dua tempat yakni di Denpasar dan Nusa Dua. Sesuai rencana, bulan Juli mendatang pelayanan sudah mulai beroperasi. Sedangkan karyawan yang akan ditempatkan di Cabang Bali didominasi oleh karyawan lama yang sudah berpengalaman, komponten dan profesional.

“Bulan Juli nanti kami ke sana (Bali, red) karena sudah ada ratusan anggota yang mendaftar. Kantor tempat pelayanan juga sudah ada di dua titik yakni Denpasar dan Nusa Dua,” terang dia.

Untuk operasional pelayanan jangka panjang, Yohanes mengatakan, pihaknya akan mencari kantor untuk dipakai sebagai kantor cabang dan dikontrakan dalam jangka waktu 8-10 tahun. Namun, keberadaan kantor cabang harus memenuhi standar serta harus mendapat izin dari Kementerian Koperasi.

“Kantor memang harus memenuhi standar jadi butuh biaya yang besar. Dan saat peresmian harus sudah ada izin dari Kementerian Koperasi karena antar provinsi,” ujarnya.

“Karena ini untuk jangka panjang, maka kita harus survei betul-betul. Paling tidak lokasinya harus strategis dan luas. Jangan sampai ketika anggotanya sudah banyak, kita kewalahan di tempat parkir dan kendaraan milik anggota tidak terjamin keamanannya,” tutup Yohanes.

Untuk diketahui, saat ini Kopdit Swasti Sari memiliki 1 kantor pusat, 15 kantor cabang, dan 29 kantor kas di seluruh NTT. Selain ekspansi ke Bali, Kopdit Swasti Sari juga akan mengembangkan sayap ke beberapa daerah di wilayah NTT. Seperti Sumba, Alor, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Jika Kantor Cabang Bali sudah beroperasi, maka peluang Kopdit Swasti Sari untuk menjadi Koperasi Primer Nasional akan terbuka lebar. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!